Kabid PKP Diskominfotik Lampung Buka UKW Angkatan XXII

11

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG-Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Lampung, Alma Rostow membuka kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XXII di Kantor PWI Bandar Lampung, Jumat (26/03/2021).

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan PWI Pusat, Oktaf Riady dan Jajaran Pengurus PWI Lampung, Tim Penguji DR Iskandar Zulkarnain dan Ketua PWI Lampung, Supriyadi Alfian.

BACA JUGA:  Ketua Komisi IV DPRD Lampung, Ismet Roni: Warga Banyak Gunakan TIK

Alma Rostow mewakili Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfotik Lampung, memberikan mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya UKW yang diselenggarakan oleh PWI Lampung, sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme, wawasan dan etika wartawan, sehingga dalam melaksanakan tugas jurnalistik selalu memegang teguh Undang-Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Menurutnya, dalam melaksanakan tugasnya, wartawan harus memiliki standar kompetensi yang memadai dan disepakati oleh masyarakat pers terutama Dewan Pers. Standar kompetensi itu, menjadi alat ukur profesionalitas wartawan.

BACA JUGA:  Diduga Alami Gangguan Jiwa, Anak di Lamteng Tega Penggal Leher Ayahnya

“Standar kompetensi tersebut, diantaranya meliputi kemampuan untuk memahami etika dan hukum pers, konsepsi berita, penyusunan dan penyuntingan berita, serta bahasa jurnalistik,” jelasnya.

Ditambahkanya, dalam menjawab tantangan tersebut perlu dilakukan UKW, sebagai salah satu upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya dalam pengenalan dunia pers yang begitu berkembang dengan kecepatan yang luar biasa. (*)