Pemkab Way Kanan Gelar Konsultasi Publik RPJM Tahun 2021-2026

17

HEADLINELAMPUNG, WAY KANAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan mengelar Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Tahun 2021-2026 secara virtual di Ruang Rapat Utama Pemda Way Kanan, Senin (29/03/2021).

Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya mengatakan, ada beberapa kondisi yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang akan kita hadapi dalam pembangunan kedepan, dalam rangka mewujudkan visi misi.

“Kabupaten Way Kanan, merupakan salah satu daerah di Provinsi Lampung dengan Luas Wilayah 3.921,63 Km2 (atau 11,16 % dari luas Provinsi Lampung). Berdasarkan kondisi, potensi dan letak strategis Kabupaten Way Kanan memiliki keunggulan komparatif yang dapat mendorong percepatan pembangunan agar sejajar dengan daerah lain,” kata Adipati.

BACA JUGA:  Tembok Pembatas Jebol, Petani Terancam Gagal Panen

Iya menambahkan adanya letak strategis di Jalan Nasional Lintas Tengah Sumatera sepanjang 81,9 km, didukung dengan keberadaan jalur Kereta Api dengan 4 Stasiun, keberadaan Bandara Gatot Subroto yang segera melayani penerbangan sipil akan semakin membuka konektifitas antara wilayah.

‘Hal ini merupakan kekuatan dan peluang yang dapat terus dikembangkan sebagai modal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Adipati.

Masih kata Adipati, Kabupaten Way Kanan menurut pola tata guna lahannya sebagian besar merupakan lahan pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Selain itu Kabupaten Way Kanan merupakan daerah river basin yang sebagian besar sungai-sungainya mengalir dari arah Barat yang berbukit-bukit menuju kearah Timur yang landai.

BACA JUGA:  Empat Warga Dua Kecamatan di Lampung Barat Positif Covid-19, Parosil Instruksikan Penyemprotan Massal

“Sebagian air sungai ini di kelola melalui Daerah Irigasi (DI) Way Umpu, Bendung Way Besai dan Suplesi Way Besai, serta Daerah Irigasi (DI) Komering. Hal ini sangat potensial dimanfaatkan untuk budidaya pertanian, perkebunan, budidaya ikan, dan pariwisata”, tutup Adipati.

Kegiatan konsultasi Publik RPJM Tahun 2021-2026 tersebut, dihadiri Ketua DPRD, anggota, Wakil Bupati Way Kanan Forkopimda, Kepala Bappeda Provinsi Lampung, sekda bersama jajarannya.(Aprydi/Migo)