Satpol PP Sosialisasi Penegakan Perda No: 2/2019

9

HEADLINELAMPUNG, PRINGSEWU-Satpol PP Pringsewu menggelar Sosialisasikan Penegakan Peraturan Daerah No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Rumah Kos yang berlangsung di Aula STMIK Pringsewu, Selasa (30/3/2021) kemarin.

Sosialisasi yang diikuti sekitar 50 orang terdiri tokoh masyarakat dan Para Pengelola Rumah Kos di Kabupaten Pringsewu dengan menghadirkan nara sumber pemateri dari Anggota DPRD Pringsewu, Sagang Nainggolan dan Kabid Penegak Peraturan Per Undang undang Daerah, Maulidin Ansyori, S.Ag.MH.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Setdakab Pringsewu, Maliaan Ayub ST.MT dalam sambutanya pembukaan mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan kepastian Hukum dan edukasi kepada Pemilik dan penyelenggaraan Rumah Kos.

“Rumah kos merupakan kebutuhan dasar manusia yang berfungsi sebagai tempat perlindungan dan sebagai tempat untuk bersosialisasi antar anggota keluarga, ” Ujarnya.

BACA JUGA:  Tubaba Ajukan 2.537 Penambahan Kuota ASN ke Pusat, Didominasi Tenaga Teknis dan Guru

Karena dijelaskan Mailan Ayub, semakin meningkatnya pembangunan di kabupaten Pringsewu, seperti pembangunan di sektor pendidikan,kesehatan, perdagangan dan industri maka diperlukan dukungan fasilitas serta sarana dan prasarana salah satunya adalah tempat tinggal yang bersifat sementara salah yaitu berupa tempat/rumah kos.

“Semua itu Demi mewujudkan ketertiban, ketentraman, dan perlindungan masyarakat, baik di lingkungan sekitar ataupun masyrakat luas, tentu dengan tetap memperhatikan nilai-nilai sosial dan religius yang berlaku pada masyarakat kabupaten Pringsewu sesuai dengan peraturan daerah no 2 thn 2019 tentang penyelenggara rumah kos di kabupeten Pringsewu, “ucapnya.

Sementara itu, Kabid Penegak Peraturan Per Undang undang Daerah, Maulidin Ansyori, S.Ag.MH mewakili Kepala Satpol PP Pringsewu, Ibnu Hardjianto mengatakan dasar di selenggarakan nya kegiatan ini adalah Peraturan Pemerintah No 16 tahun 2018 tentang Satpol PP, Peraturan Daerah No 2 tahun 2019 Tentang Rumah Kos. Peraturan Daerah No 10 tahun 2013 tentang Keteetiban Umum.
“maksud adalah untuk memberikan Pemahaman kepada Aparatur Desa maupun Masyarakat dan berbagai Pihak yang terkait lainnya memahami,mengetahui dan melaksanakan Peraturan Daerah No 2 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Rumah Kos di Kabupaten Pringsewu ” Kata dia.

BACA JUGA:  Gelar Vicon, Bupati Lambar Minta Laporan Seluruh Puskesmas soal Penanganan Covid-19

Lanjut dia, kegiatan ini juga bertujuan memberikan kepastian Hukum dalam penyelenggaraan usaha Rumah Kos, tertib administrasi Kependudukan, menciptakan ketertiban Umum dan keamanan di tengah tengah Masyarakat dari tindakan penyalahgunaan Rumah Kos.

“Untuk sasaran peserta adalah Aparatur Pemeritahan, Masyarakat dan Pemilik usaha Rumah Kos yang ada di Kabupaten Pringsewu, “pungkasnya. (Mul)