Pemkot Metro Klaim Penetapan Anggota Tim PPI sesuai Mekanisme

120

HEADLINELAMPUNG, METRO-Pemerintah Kota Metro mengklaim, penetapan anggota Tim Percepatan Pembangunan dan Inovasi (PPI) sudah melalui mekanisme. Bahkan, sudah diatur melalui Peraturan Walikota (Perwali) dan SK Walikota.

Kepala Bagian Hukum Pemkot Metro, Ika Anindita Pusparini menjelaskan, pengangkatan Tim PPI, berdasarkan Peraturan Walikota (Perwali) nomor 10 tahun 2021. Tim PPI adalah jabatan khusus yang terdiri dari unsur profesional yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada walikota dan secara teknis administratif dikoordinasikan oleh sekretaris daerah.

“Jadi, pengangkatan personil Tim PPI dilakukan dengan mempertimbangkan profesionalitas, kompetensi akademis, atau penguasaan bidang-bidang tertentu,” kata Ika Anindita, Rabu (31/03/2021).

Ia meneruskan, tugas Tim PPI di antaranya, melakukan kajian serta pemberian saran, pertimbangan, dan rekomendasi secara konseptual atas masalah yang berkembang sesuai dengan bidang tugas, melakukan perumusan dan penelaahan masalah pemerintah daerah sesuai dengan bidang tugas, dan menjadi narasumber dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan OPD.

BACA JUGA:  Kepala Puskesmas Sukaraja Nuban Lamtim Kunjungi Penderita Gondok Beracun

“Atas tugas dan tanggung jawabnya, Tim PPI mendapatkan honorarium berdasarkan capaian kinerja yang dihitung per item kegiatan. Dan, honorarium sesuai dengan narasumber pejabat eselon II,” lanjutnya.

Sebelumnya, Ormas Gema Masyarakat Lokal (GML) menyoal usulan lima nama anggota Tim Percepatan Pembangunan dan Inovasi (PPI) bentukan Walikota Metro. Pasalnya, selain muncul nama salah seorang kerabat walikota. Dua nama lain mempunyai bidang tugas yang sama, sehingga terkesan mubazir.

Bahkan, Ormas GML mengeluarkan pernyataan sikap menolak usulan lima anggota Tim PPI  karena dinilai tidak ada urgensinya.

“Pemerintah Kota Metro sudah memeiliki Staf Ahli Pemerintah, jajaran Asisten dan Badan Perencanaan Pembangunan. Seharusnya, Walikota Metro memberdayakan dan memanfaatkan mereka, bukan membentuk tim seperti,” kata Ketua DPD GML, Slamet Riadi, Selasa (30/03/2021).

BACA JUGA:  Diduga Rem Blong, Truk Galon Tabrak Pagar Rumah Mantan Wabup Pesawaran

Diketahui, Walikota Metro mengangkat lima orang anggota Tim Percepatan Pembangunan dan Inovasi Kota Metro. Dalam periode terdahulu, jabatan ini dikenal sebagai tenaga ahli walikota.

Adapun, lima orang anggota Tim Percepatan Pembangunan dan Inovasi Kota Metro tersebut, yakni Bambang Suhada, sebagai anggota yang menangani bidang sosial budaya dan pelayanan publik. Yulian Gressando, sebagai anggota yang menangani bidang infrastruktur dan lingkungan hidup.

Lalu, Asrian Hendi Caya, dan Listyawan, keduanyamempunyai bidang tugas sama, yakni bidang ekonomi dan kerjasama investasi. Dan terakhir, Efril Hadi, sebagai anggota yang menangani bidang pemerintahan, politik, dan kebijakan publik. Nama terakhir ini, merupakan kerabat Walikota Metro.(dwi)