Sekda Lekok Buka Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah 2021

19

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG UTARA-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Utara, Drs. H. Lekok, membuka acara Sosialisasi Pelaporan Indeks Inovasi Daerah (IID) Tahun 2021, di Aula Tapis Setdakab setempat, Rabu (31/03/2021).

Dalam sambutannya, Sekda mengatakan bahwa majunya suatu bangsa itu sangat ditentukan adanya inovasi oleh seluruh komponen bangsanya, termasuk oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pelaksana roda pemerintahan dan pembangunan.

Namun, lanjut Lekok, pelaksanaan inovasi ini tentu harus memperhatikan norma dan kaedah ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Bentuk inovasi daerah ini diartikan sebagai semua pembaharuan untuk peningkatan kinerja dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah,” kata Sekda mewakili Bupati Lampung Utara Hi. Budi Utomo, SE,, M.M.

DIkatakan Lekok, menurut peraturan bersama Menristek dan Mendagri Nomor 03 Tahun 2012 tentang Penguatan Sistem Inovasi Daerah, Pasal 1 mengartikan bahwa inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, penerapan, pengkajian, perekayasaan dan pengoprasian penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam praktek atau proses produksi.

BACA JUGA:  Tok! DPRD Pringsewu Setujui Perubahan APBD 2020

Sedangkan Sistem Inovasi Daerah (SIDa), sambung Lekok, adalah keseluruhan proses dalam satu sistem untuk menumbuh kembangkan inovasi yang dilakukan antar institusi pemerintah, pemerintah daerah, lembaga Iitbang, lembaga pendidikan, lembaga penunjang inovasi, dunia usaha dan masyarakat di daerah.

“Untuk itulah maka sebagai upaya memacu kreatifitas daerah dalam meningkatkan daya saing ini, perlu kita pahami berbagai kriteria yang obyektif, yang dapat dijadikan sebagai pegangan bagi Pejabat Daerah dalam melakukan kegiatan yang bersifat Inovatif tersebut, tanpa adanya ke khawatiran menjadi obyek pelanggaran hukum,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pemkot Metro Sosialisasikan Physical Distancing kepada Pedagang

Kemudian, Sekdakab Lekok berharap, dengan dilaksanakannya Asistensi dan Sosialisasi Pelaporan Indeks Inovasi Daerah (IID) Tahun 2021, maka semua dapat memahami dan mengevaluasi sejauh mana komitmen dalam melaksanakan inovasi daerah yang diarahkan untuk percepatan terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah.

“Semoga apa yang menjadi tujuan dan sasaran yang hendak kita capai, dalam rangka mengawal kesinambungan jalannya pembangunan dan mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Lampung Utara yang aman, agamis, maju dan sejahtera dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Lampung, Kepala Bappeda Lampung Utara, Para Kepala Perangkat Daerah (PD) Kabupaten Lampung Utara. (*/dra)