Pemdes Tulung Balak Lamtim Sosialisasi SDGs

15

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TIMUR-Pemerintah Desa (Pemdes) Tulung Balak melakukan sosialisasi materi Sustainable Development Goal (SDGs) bersama dengan Pendamping Desa, bertempat di gedung Balai Desa Tulung Balak, Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur. Selasa, (6/4/2021).

Diketahui, SDGs adalah Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan (the 2030 Agenda for Sustainable Development atau SDGs) yaitu kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup, SDGs/TPB diberlakukan dengan prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada seorang pun yang terlewatkan atau “No-one Left Behind” SDGs terdiri dari 17 Tujuan dan 169 target dalam rangka melanjutkan upaya dan pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) yang berakhir akhir pada tahun 2015 lalu.

BACA JUGA:  DPRD Setujui Tiga Raperda, Bupati Lamtim Berikan Apresiasi

Kepala Desa Tulung Balak Aji Suradilaga dalam sambutannya mengatakan Sosialisasi (SDGs) adalah kegiatan yang sudah diatur dalam UU, khususnya dalam Kementrian Desa, dimana program tersebut harus kita laksanakan untuk mengetahui perkembangan Desa.

“Pendataan Desa ini melibatkan Pemerintah Desa, pemuda-pemuda desa dan juga pendamping Desa,” ucap Aji.

Aji Suradilaga meminta untuk pendata yang diberi amanah untuk mendata betul-betul perkembangan masyarakat sehingga data yang dihasilkan adalah data yang akurat, sesuai fakta di lapangan dan konkrit.

Eja Wulansari ST Pendamping Desa Kecamatan Batanghari Nuban sekaligus pengisi materi Sosialisasi Sustainable Development Goals (SDGs), ia menyampaikan bahwa SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs.

BACA JUGA:  Deklarasi Pemilihan Kepalo Tiyuh Damai di Tubaba dengan Taat Protokol Kesehatan Digelar

“SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021, Maka dari Itu saya meminta kepada petugas yang akan terlibat dalam proses pendataan untuk bekerjasama membangun desa kita dengan melakukan pendataan yang baik, benar dan objektif,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Desa Tulung Balak Aji Suradilaga, Sekretaris Desa,Ketua BPD, Ketua LPM, ketua RT, Ketua RW, Tokoh masyarakat, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa Dan Staf Kecamatan Batanghari Nuban.(Iman)