DP3A Lamteng Bersama LPA dan UPT-PPA Selesaikan Masalah ABH

64

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TENGAH-Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), kerja sama dengan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) dan UPT-PPA menyelesaikan masalah Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH).

Hal itu disampaikan oleh Ketua LPA Kabupaten Lamteng, Eko Yuwono, Rabu (7/4/2021).

Menurutnya, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan UPT PPA-DP3A Kabupaten Lamteng,sepakat untuk menyelesaikan masalah ABH secara bersama sama.

Eko mengatakan, berkumpulnya sejumlah element masyarakat di ruangan Kepala DP3A Kabupaten Lamteng guna membahas persoalan ABH.

“Kami sepakat untuk bersama-sama, bergandengan tangan dalam permasalahan Anak Berhadapan Hukum (ABH). Baik anak sebagai tersangka, korban dan saksi,” jelasnya.

BACA JUGA:  Proyek Jalan Khairbrass Kota Metro Diduga Bermasalah

Dikatakan Eko, kesepakatan untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan ABH dituangkan dalam nota kesepakatan bersama (MoU) antara LPA-D3A dan UPT PPA dihadiri oleh Eko Yuono sebagai ketua umum, dan Supriyanto sebagai pekerja sosial, Mery Plt Kepala DP3A Kabupaten Lamteng,Kabid perlindungan anak, Ratoyo Tina Kepala UPT-PPA.

“Dalam MoU itu, kami sepakati tugas, peran dan fungsi masing-masing serta
saling bertukar data,” imbuhnya.

Menurut Eko, hal itu dilakukan agar jangan sampai ada kesan bahwa LPA dan DP3A serta UPT-PPA, tidak sinergi dan bekerja masing-masing.

“Jadi kedepannya dalam penanganan permasalahan anak, kita bareng-bareng, tidak ada lagi yang saling berebut kasus, dan terkesan jalan sendiri-sendiri,” tukas Eko.

BACA JUGA:  Bupati Way Kanan Hadiri Pelantikan Pengurus BPD Hipmi Kabupaten

Hal senada juga diungkapkan Plt Kepala DP3A Kabupaten Lamteng, Mery. Menurut dia, sudah saatnya untuk bekerja bersama-sama.

“Sekarang saatnya bekerja bersama, dan saling bergotong-royong. Karena Kabupaten Lamteng adalah salah satu kabupaten yang terbesar, menyangkut kasus anak yang berhadapan dengan hukum,” ujarnya.

Apalagi lanjut Mery, Kabupaten Lamteng, memang sangat luas daerahnya dengan kondisi jalan yang lumayan memprihatinkan.

“Kita butuh sinergi bersama antara LPA-DP3A dan UPT PPA. Bahkan, sangat dimungkinkan lagi dengan dinas lain. Misalnya, Dinas Sosial, Pendidikan dan Kesehatan agar tujuan menjadikan Kabupaten Lamteng Berjaya benar-benar bisa terwujud. (Gunawan)