Hadapi Lonjakan Pasien Covid-19, Walikota Metro Minta Rumah Sakit Tambah Fasilitas Ruang Isolasi

27

HEADLINELAMPUNG, METRO-Walikota Metro Wahdi meminta sejumlah rumah sakit yang menjadi rujukan pasien covid-19, menambah pelayanan ruang isolasi, termasuk fasilitas dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu, dikatakan Wahdi, Walikota saat meninjau  empat rumah sakit tertentu untuk khusus menangani pasien covid-19, di antaranya RS Muhammadiyah, RSU  Ahmad Yani, RSMardiwoluyo, dan Rumah Sakit Islam. “Masing-masing rumah sakit agar menambah pelayanan ruang isolasi Covid-19, memfasilitasi ruangan, dan juga menambah sumber daya manusianya,” kata dia, Senin (10/05/2021).

BACA JUGA:  Polres Lampung Utara Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Krakatau Tahun 2020

Menurut dia, bukan tidak mungkin,  salah satu atau dua rumah sakit bisa menjadi rumah sakit khusus covid-19. “Artinya, dalam kondisi apapun pengelola rumah sakit harus siap menghadapi kemungkinan terburuk dalam hal penanganan  ovid-19. Terutama apabila melihat lonjakan kasus positif  ovid-19 selama beberapa waktu terakhir,” ujarnya.

Ia mencontohkan, RS khusus Covid-19 di Karanganyar akan memiliki komposisi 80 persen total tempat tidur untuk isolasi pasien covid-19. Baru, sisanya 20 persen untuk pasien umum. “Untuk menjadi rumah sakit khusus covid-19, pemerintah sudah memberlakukan sistem PPKM di kecamatan,” ungkapnya. (HL-Zahdi/dwi)

BACA JUGA:  Sujadi: Naikan Bendera Pringsewu di Ajang Nasional 2024