Bupati Tulang Bawang Ikuti Arahan Presiden Jokowi Secara Virtual

18

HEADLINELAMPUNG, TULANG BAWANG-Bupati Tulang Bawang (Tuba), Winarti mengikuti pengarahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kepada kepala daerah se-Indonesia secara virtual dari Istana Negara.

Winarti mengikuti kegiatan tersebut dari ruang rapat utama Pemkab Tuba, Senin (17/05/2021).

Terdapat beberapa hal utama yang disampaikan Presiden mengenai penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

“Tahun ini kita sudah mengalami 40% angka penurunan Covid-19, kita juga harus tetap selalu waspada,” kata Jokowi.

BACA JUGA:  Bupati Way Kanan Pimpin Rakor PPKM Mikro Darurat Covid-19 Secara Virtual

Dalam hal tersebut juga Jokowi meminta untuk daerah yang zona merah dan orange seluruh lokasi wisatanya ditutup. Daerah zona kuning dan hijau wisata tetap dibuka dengan syarat penerapan protokol ksehatan, petugas kesehatan harus ada,” kata Jokowi.

Presiden juga meminta mewaspadai varian baru Covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia. Ia menegaskan apabila ada masyarakat yang terpapar virus tersebut langsung diperiksa dan diisolasi.

Untuk pertumbuhan ekonomi, Jokowi mengatakan, meski pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2021 masih minus 0,74 persen, namun, dibandingkan dengan tiga kuartal sebelumnya, angka ini telah menunjukan perbaikan.

BACA JUGA:  Ini Arahan Presiden Jokowi ke Gubernur dan DPRD Lampung Terkait Penanganan Covid-19 saat Idul Fitri

“Selisih tipis, yang hanya sebesar minus 0,74 persen secara tahunan dibanding masa sebelum pandemi, menunjukan perekonomian kita sanggup bertahan. Kita akan segera masuk ke zona positif. Saya optimis ekonomi Indonesia akan tumbuh positif pada kuartal kedua dan berikutnya di tahun 2021,” kata Jokowi. (*/rian)