Pemdes Bernung Pesawaran Realisasikan Dana Desa Tahun 2021

33

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN-Pemerintah Desa (Pemdes) Bernung, Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran, merealisasikan Dana Desa tahun 2021, melalui Padat Karya Tunai (PKT) Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Miskin (KPM2), marginal dengan membuat galian Talud di Dusun Sukajaya desa setempat, Rabu (26/5/2021).

Kepala Desa (Kades) Bernung, Deswan diwakili Kepala Dusun, Muhammad Ishak mengatakan, penggunaan Dana Desa tahun 2021, selain Bantuan Langsung Tunai (BLT), juga digunakan untuk kegiatan pembentukan Desa Aman Covid-19, Sustainable Development Goals (SDGS), dan PKT.

“PKT adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya yang miskin dan marginal,” jelas Ishak.

BACA JUGA:  Bupati Lampung Tengah Sidak ke Bapeda, Disdik dan Distan

Dikatakannya, untuk PKT ditempatkan pada pembuatan galian talud guna mengantisipasi genangan air supaya lancar, dan tidak naik kebadan jalan karena jika hujan air menggenangi jalan.

“Pengerjaan galian talud itu, selama 7 hari dengan panjang 900 meter. Jika ada pembangunan talud, nantinya tinggal merapihkan dan melanjutkan untuk pembangunan pondasinya,” imbuhnya.

Menurut Ishak, kegiatan ini sangat tepat dengan program pembangunan kedepannya. Karena, ini akses jalan utama masyarakat Desa Bernung menuju Desa Suka Banjar.

“Jika ada pembangunan jalan, atau talud, yang bersumber dari Dana Desa maupun pemerintah daerah, dan pusat tinggal melanjutkan saja,” ujarnya.

BACA JUGA:  Rakor Akhir Tahun, Pemkab Tubaba Fokus Pilkati dan Libur Nataru

Sementara itu, Saipul salah satu warga menyambut baik kegiatan penggalian talud yang dilakukan Pemdes Bernung,

“Dengan dibuatnya galian talud ini, sangat berpengaruh aliran air menjadi lancar. Karena, tumpahan air dari atas lumayan besar jika hujan datang,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Eko yang mendukung gagasan Pemdes Bernung, mengajak masyarakat bergotong-royong dalam penggalian talud

“Kami sangat mendukung dengan kegiatan ini, dan berharap terus dilakukan oleh Pemdes Bernung,” ujarnya. (HL-Yudhi)