PMD Kabupaten Lamtim Sosialisasi Program Smart Village di Desa Tegal Yoso

52

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TIMUR-Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) dan Desa Tegal Yoso, Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), sosialisasi smart village di Gedung Perpustakaan Selaras desa setempat, Kamis (3/6/2021).

Kadis PMD Yudi Setiawan mengatakan, dalam Pasal 86 UU No:6/2014, tentang desa diatur secara umum adanya sistem informasi di desa, mendadak disadari menjadi kebutuhan kesadaran tiba-tiba tidak saja menyengat pemerintah desa, melainkan juga tingkat di atasnya yaitu kabupaten.

“Pada Pasal 86 UU No:6/2021 disebutkan, Pemerintah Kabupaten/Kota berkewajiban mengembangkan Sistem Informasi Desa dan Pembangunan Kawasan,” ujar Yudi.

Menurutnya, desa merupakan unit terkecil dalam sistem pemerintahan, dan desa memiliki peran yang sangat penting untuk pembangunan nasional.

BACA JUGA:  Polsek Kedondong Bersama Tim Gabungan TNI Lakukan Operasi Yustisi

“Membangun desa, berarti juga memulai untuk pembangunan nasional. Terdapat banyak program-program, dari pemerintah pusat yang bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan kawasan pedesaan,” tukasnya.

Dikatakan Yudi, salah satu inovasi yang cukup terkenal akhir-akhir ini untuk lebih memajukan desa adalah dengan konsep Smart Village. Konsep ini, merupakan pengembangan dari konsep Smart City yang lebih dulu dikenal di masyarakat.

Dijelaskannya, konsep Smart City yang telah ada tidak bisa diterapkan di desa, karena konsep ini memang lebih cocok diterapkan di kota, serta antara kota dan desa memiliki karakter yang berbeda, sehingga kemudian muncul konsep Smart Village yang diterapkan di desa.

Jadi, lanjut Yudi, Smart Village sebagai Inovasi Desa Keterbukaan informasi Publik yang dilandasi pada kenyataan bahwa desa juga menjadi tumpuan pembangunan nasional dan keberhasilan desa secara akumulatif akan mendorong kelangsungan ekonomi nasional maka posisi desa sungguh sangat penting. Desa perlu dikembangkan secara inovatif menuju desa cerdas atau smart village.

BACA JUGA:  Pemkab Mesuji Serentak Gelar Gerakan Bersama Masyarakat Atasi Stunting

Ditambahkannya, konsep Smart Village juga harus didukung oleh beberapa komponen agar penerapannya mampu memberikan dampak positif dan maksimal, Komponen tersebut antara lain Smart Institution, Smart Infrastructure, Smart Service Delivery, Smart Technology and Innovation dan Smart Societis Untuk menjalankan segala komponen tersebut dengan baik, dibutuhkan dukungan dan kerjasama yang baik satu sama lain.

Kegiatan sosialisasi tersebut, dihadiri juga Kadisdukcapil Amiradi, Camat Purbolinggo Akih Sunaryo, Operator Smart Village beserta Kepala Desa Se-Kecamatan Purbolinggo. (HL-bud/iman)