Tinjau Penilaian Lomba Desa, Bupati Pesawaran Minta Pemdes Cipadang Siapkan Data

15

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN-Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona mengharapkan pemerintah desa (Pemdes) Cipadang, mempersiapkan kelengkapan data yang dibutuhkan oleh tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Lampung tahun 2021.

Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Dendi saat meninjau penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung tahun 2021 di Desa Cipadang Kecamatan Gedongtataan kabupaten setempat, Senin (7/6/2021).

“Saya harapkan, kepala desa (Kades) Cipadang beserta perangkatnya, memberikan data yang akan dijadikan bahan oleh tim penilai untuk menentukan potensi,.serta saran perbaikan yang harus dilaksanakan agar proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa akan semakin berhasil dan berdaya guna,” ujar Dendi.

BACA JUGA:  Positif Covid-19 Bertambah, Total di Kota Metro 22 Orang

Sementara itu, Ketua Tim Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung, Zaidirina mengatakan, setidaknya terdapat tiga bidang yang dilakukan penilaian meliputi, pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

“Dari tiga bidang itu, penilaian dilakukan terdiri dari 19 aspek dan 490 indikator penilaian,” ujarnya.

Dijelaskan Zaidirina, sebagai salah satu media untuk melaksanakan evaluasi terhadap efektivitas penyelenggaraan pemerintahan desa, maka pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No: 81/2015, tentang evaluasi desa dan kelurahan.

Namun, lanjutnya, perlombaan desa dan kelurahan tahun 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena, tahun ini.masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

BACA JUGA:  Polres Tanggamus Tetapkan Dua Tersangka Hiburan Orgen di Kampung Karangagung

“Jadi penerapan protokol kesehatan (Prokes), pada pelaksanaan lomba desa dan kelurahan adalah hal yang harus dilakukan dengan sebaik baiknya,” imbuhnya.

Selain itu, kata Zaidirina, masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi desa, untuk tetap melakukan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungannya dengan melakukan inovasi sesuai dengan potensi yang ada di desa.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri juga oleh Sekdakab Pesawaran, Kesuma Dewangsa, anggota DPRD, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta rombongan Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung. (HL-Yudhi)