Diduga Lakukan Penipuan Ratusan Juta Rupiah, IRT di Lambar Diciduk Polisi

7

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT-Unit Idik II Satreskrim Polres Lampung Barat (Lambar), berhasil mengamankan Sunaria alias Bunda Hayu binti Kerean (46), seorang ibu rumah tangga (IRT) yang beralamat di Lingkungan Simpang Serdang Kelurahan Waymengaku Kecamatan Balikbukit kabupaten setemoat.

Tersangka diamankan, karena diduga telah melakukan penipuan berkedok Bantuan Sosial (Bansos), yang berhasil menipu korbannya ratusan juta rupiah.

Kasatreskrim Polres Lambar, AKP Made Silpa Yudiawan mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Haryadi SIK mengungkapkan, Sunaria diamankan atas dasar Laporan Polisi Nomor : LPB-130 / III/2021/Polda LPG/Res Lambar / SPKT, tanggal 15 Maret 2021, dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Gudang Bulog Liwa, pada Sabtu tanggal 5 Desember 2020 sekira pukul 09:00 Wib, dengan korban atas nama Dyah Utama Sari binti Sumarno (42) warga Kelurahan Margo Rejo Kecamatan Metro Selatan Kota Metro.

BACA JUGA:  Bawa Badik, Seorang Pemuda Diamankan Polsek Seputih Banyak

Made Silpa Yudiawan menjelaskan, penggelapan dan penipuan tersebut bermula pada Sabtu 5 Desember 2020 lalu, telah terjadi perkara penipuan sesuai pasal 372 dan atau 378 KUHPidana di Gudang Bulog Kecamatan Balikbukit. Dimana Pelapor atas nama Dyah Utama Sari mengirimkan Beras Bantuan Sosial (Bansos) sebanyak 68.300 Kilogram yang diangkut dengan menggunakan delapan mobil dengan cara pengiriman dari tanggal 5 Desember hingga 13 Desember 2020.

“Kemudian Beras Bansos sebanyak 18.000 Kilogram yang dilakukan dua kali pengiriman dan diterima oleh terlapor Sunaria alias Bunda Hayu dengan nilai transaksi berjumlah Rp750.625.000 dan belum dibayarkan sampai saat ini, atas kejadian tersebut pelapor melaporkan kejadian ke Polres Lambar, ” jelas Made

BACA JUGA:  Ketua DPD HKTI Lampung: Benih Padi M400 Tingkatkan Hasil Panen Petani

Setelah itu kata dia, Rabu (10/6/2021) sekitar pukul 06:00 WIB anggotanya yang dipimpin Kanit Idik II Ipda Juherdi Sumandi, melakukan penyelidikan terhadap dugaan tindak pidana tersebut.

Lalu, didapatkan informasi bahwa tersangka berada di rumahnya yang berada di Dusun Kebon Duku Kelurhan Pasar Martapura Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan.

“Setelah memastikan bahwa tersangka sedang berada dirumahnya, anggota langsung menuju rumah tersangka dan berhasil mengamankannya. Saat ini, tersangka dibawa ke Polres Lambar untuk dimintai keterangan lebih lanjut,” pungkasnya.(HL-Hendri)