Belum Tercantum TTE, Dokumen Kependudukan Disdukcapil Lambar Tetap Bisa Digunakan

5

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT-Tanda Tangan Elektronik (TTE), merupakan salah satu yang harus tertera pada penerbitan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran menggunakan QR (Quick Record) Code tanpa ada tanda tangan basah dan stempel Dinas. Untuk mengetahui keabsahan/kevalidan data, bisa diketahui dengan memindai menggunakan QR Scanner.

Namun satu bulan terakhir, pelayanan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tanpa adanya TTE kepala dinas, yang berdampak pada hasil pelayanan terhadap masyarakat karena masyarakat pemohon belum bisa menerima dokumen kependudukan yang telah ditandatangani pejabat yang berwenang.

BACA JUGA:  Mesuji Zona Orange Covid-19, Satgas Keluarkan Surat Penutupan Kegiatan Keramaian

Kepala Disdukcapil Lambar, Daman Nasir mengatakan, meskipun begitu tidak mempengaruhi jalannya pelayanan yang dilakukan di kantor Disdukcapil saat ini.

“Pelayanan tetap berjalan seperti biasa, tidak ada yang berubah, hanya saja bagi masyarakat pemohon untuk sementara hanya menerima draft dokumen yang belum ada barcode,” ungkapnya, Selasa (15/6/2021).

Meskipun kata dia dokumen yang diterima masyarakat belum ada barcode atau TTE, tetapi draft yang diterima masyarakat tetap bisa dipergunakan dan berlaku untuk keperluan administrasi kependudukan.

BACA JUGA:  Pemkot Siapkan RSU Jadi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

“Saya sendiri belum tahu kepastian kapan TTE bisa kembali diterbitkan, untuk hal itu bisa ditanyakan dengan pihak BKPSDM, karena itu ranahnya BKPSDM, kami hanya menjalankan pelayanan, mudah-mudahan saja tidak lama lagi,” jelasnya.

Sedangkan kepala BKPSDM Lampung Barat, Ahmad Hikami, mengenai hal tersebut mengatakan, TTE Kadis Dukcapil masih dalam proses penerbitan dan sudah diajukan dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), singkatnya.(HL-Hendri)