Wabup Pringsewu Resmikan Desa Sadar Kerukunan di Pekon Waringinsari

19

HEADLINELAMPUNG, PRINGSEWU-Wakil Bupati (Wabup) Pringsewu, Fauzi meresmikan Desa Sadar Kerukunan di Pekon Waringinsari Timur Kecamatan Adiluwih kabupaten setempat, Selasa (22/6/2021).

Selain meresmikan Desa Sadar Kerukunan, Wabup Fauzi bersama Kabag TU Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, Marwansyah meluncurkan Saung Kerukunan Umat Beragama di desa setempat.

Kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat tersebut, dihadiri juga oleh Kamenag Pringsewu, A Rifa’i, Ketua FKUB, Mahfudz Ali, Kepala Badan Kesbangpol, Sukarman serta jajaran Forkopimda kabupaten setempat.

BACA JUGA:  DPRD Lamteng Gelar Rapat Paripurna Persetujuan Dua Raperda

“Adanya Desa Sadar Kerukunan ini, merupakan wujud nyata kebersamaan yang diidam-idamkan untuk terciptanya kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Pringsewu,” ujar Wabup Fauzi.

Ia mengatakan, bahwa Pekon Waringinsari Timur ini sejatinya direncanakan akan ditetapkan menjadi Desa Pancasila.

“Antara Desa Sadar Kerukunan dan Desa Pancasila ini, konsepnya hampir sama, dengan salah satu persyaratan yakni penduduknya memiliki keanekaragaman agama dan kepercayaan,” tukasnya.

Fauzi juga menyatakan, untuk Saung Kerukunan Umat Beragama, merupakan terobosan bersama antara Kemenag Pringsewu dengan FKUB, karena di buku panduannya hanya dikenal Desa Sadar Kerukunan.

BACA JUGA:  Bupati Dendi Hadiri Baksos PSMTI Pesawaran

“Jadi Saung Kerukunan Umat Beragama ini, merupakan yang pertama kali dan satu-satunya di Kanwil Kemenag Lampung. Karena, di kabupaten/kota lainnya belum ada, sebagai cerminan Kerukunan Umat Beragama,” tukasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Wabup Fauzi juga melakukan penanaman pohon penghijauan, serta dilakukan prosesi minum vitamin bersama sebagai bagian dari upaya meningkatkan imunitas tubuh agar tetap sehat dan kuat serta terhindar dari Covid-19.(HL-Yono)