Gubernur Arinal Resmikan SLB Negeri PKK Provinsi Lampung

20

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG-Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi meresmikan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri PKK Provinsi Lampung, Kamis (24/6/2021).

Gubernur Arinal mengatakan, peresmian SLB Negeri merupakan upaya Pemprov Lampung dalam mendorong perkembangan dan peningkatan mutu sekolah, serta sebagai wujud kontribusi nyata bagi penyelenggaraan pendidikan khusus di Lampung.

Menurutnya, peresmian SLB Negeri ini juga sebagai wujud komitmen dan perhatian Pemprov Lampung terhadap anak penyandang disabilitas, yang juga merupakan misi Rakyat Lampung Berjaya poin ketiga yakni, mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan kaum difabel.

Dikatakan Arinal, keberadaan SLB pada hakikatnya merupakan wujud dari kesadaran keberagaman masyarakat terhadap pentingnya mempersiapkan anak-anak berkebutuhan khusus yang juga sebagai generasi masa depan untuk memiliki kompetensi dan kemampuan keterampilan yang baik.

BACA JUGA:  Polisi Bekuk Tersangka Penyalagunaan Narkoba dan Curanmor

“Sekolah luar biasa merupakan lembaga pendidikan yang memerlukan perhatian dan pembinaan dalam pengembangannya yang berkelanjutan. Dan ini menjadi tanggungjawab kita semua, karena peserta didik SLB juga merupakan putra putri daerah yang akan berperan dalam pembangunan Provinsi Lampung dimasa mendatang,” tukasnya.

Jadi, kata Arinal, oengembangan sistem pendidikan khusus pada SKB perlu dikembangkan secara terpadu, dengan menempatkan nilai-nilai keagamaan sebagai semangat yang mendasari semua usaha pendidikan.

“Saya harapkan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung, harus memberikan pengawasan, pendampingan dan memfasilitasi SLB Negeri PKK Provinsi Lampung,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Lampung, Riana Sari Arinal mengatakan, TP-PKK akan terus mendukung perkembanagan para anak didik di SLB, agar tumbuh menjadi anak yang terampil dan kompeten.

BACA JUGA:  Gubernur Lampung Dengarkan Aspirasi PTS Terkait Penerapan New Normal di Kampus

Terkait perubahan SLB PKK menjadi SLB Negeri, Riana sangat tersentuh hatinya dan memberikan apresiasi kepada dewan guru yang telah banyak berkontribusi.

“Saya seperti melepas anak, untuk pergi jauh merantau menuntut ilmu. Saya titip dan didik mereka, saya yakin di tangan bapak ibu semua anak-anak ini menjadi mandiri dan luar biasa,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal bersama Ketua TP-PKK Lampung memberikan piagam penghargaan, dan cinderamata kepada salah satu pendiri dan pengelola SLB Negeri PKK Provinsi Lampung, Ida Mustika Zaini.(HL-Ayu/*)