Dishub Pesawaran Bidik Dermaga Tempat Wisata Sumber PAD

51

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN-Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pesawaran bersama Provinsi Lampung, mendata sejumlah dermaga wisata yang ada di kabupaten setempat.

Dalam pedataan dermaga tersebut, Dishub Pesawaran dan Provinsi Lampung didampingi Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Panjang.

Ternyata, tujuan pendataan dermaga wisata itu untuk menertibkan, dan menggenjot hasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pesawaran.

“Kami sudah dua kali, mendata dermaga yang ada di Kabupaten Pesawaran yaitu, Mutun, Sari Ringgung, Lanadia Pahawang, Ketapang, Spot Pelangi Pahawang. Dan, pendataan ini untuk menertibkan dermaga-dermaga di Kabupaten Pesawaran,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Laut Dishub Kabupaten Pesawaran, Dario
pada saat melakukan pendataan Dermaga Sari Ringgung, Selasa (29/06/2021).

BACA JUGA:  TNI dan Polri di Tulang Bawang Sholat Subuh Bersama, Kapolres Apresiasi

Dikatakannya, masih banyak dermaga-dermaga di Kabupaten Pesawaran yang belum memberikan kontribusi pendapatan, untuk memajukan pembangunan di Kabupaten Pesawaran.

“Dishub mendata dermaga-dermaga itu, tujuanya untuk dikelola oleh pemerintah, karena pentingnya keamanan dan kenyamanan wisatawan dan menggenjot PAD,” ujar Dario.

Kemudian, lanjutnya, hasil pendataan dermaga ini akan disampaikan kepada
dinas-dinas terkait untuk membentuk Tim Gabungan Khusus.

“Untuk saat ini, dermaga yang baru dikelola oleh Pemkab Pesawaran hanya satu yakni, Dermaga Ketapang,” imbuhnya.

Sementara, Azdi Adios Chandra sebagai Kepala Seksi (Kasi) Fasilitas dan Jasa Kepelabuhan Dishub Lampung mengatakan, untuk pendataan dermaga yang ada di Kabupaten Pesawaran, pihaknya hanya mendampingi.

BACA JUGA:  Alhamdulillah, 100 Warga Lambar Berangkat Umroh Gratis

“Kita mendata dermaga-dermaga, dan sebagian telah memiliki izin. Namun, untuk data selanjutnya akan koordinasi dengan KSOP, dan dinas-dinas terkait agar bersinergi bersama pemerintah kabupaten dan provinsi,” jelasnya.

Sementara itu, pengelola tempat wisata mengapresiasi pendataan Dermaga yang dilakukan Dishub kabupaten dan provinsi.

“Kami pengelola tempat wisata, mengapresiasi pendataan dermaga yang dilakukan Dishub,” kata Manajer Operasional La Nadia Pahawang, Serdi Gopar.

Dikatakannya, selaku pengelola tempat wisata akan mematuhi kebijakan Pemkab Pesawaran dalam menertibkan pengoperasian Dermaga.

“Kami pengelola, siap bersinergi dengan pemerintah dalam penataan dermaga, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk PAD,” jelasnya.(HL-Yudhi)