Enam Desa Mitra Perpusnas di Mesuji ikuti Bimtek di Hotel Novotel

36

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNGI-Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusar) Kabupaten Mesuji, membawa enam desa untuk mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) strategis pengembangan perpustakaan Desa dan layanan infrastruktur dan teknologi yang digagas oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Kegiatan tersebut digelar di Ballroom Hotel Novotel, Kota Bandarlampung yang diselenggarakan sejak 28 Juni hingga 2 Juli 2021.

Dijelaskan oleh Kadispusar, Hamdani melalui Sekretaris Dispusar, Agung Subandara, enam desa yang ikut serta bersama Dispusar mengikuti kegiatan tersebut yakni, Desa Sidang Kurnia Agung, Desa Sidang Makmur, Desa Mekarjaya,Desa Simpang Mesuji, Desa Fajar Baru dan Desa Adi Luhur.

BACA JUGA:  Ketua Karang Taruna Lamteng Ajak Pemuda Ciptakan Lapangan Kerja

“Keikutsertaan enam Desa tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan pengelolaan perpustakaan dari Desa-Desa yang telah ditunjuk Perpusnas RI sebagai Desa Mitra Perpustakaan,” jelas Agung.

Sementara itu,.Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusarsip) Provinsi Lampung, Ratna Dewi mengatakan, Bimtek tersebut merupakan kerjasama antara Perpusnas RI dan Pemprov Lampung yang melibatkan sebanyak 60 peserta.

Dijelaskanya, sebanyak 60 peserta yang mengikuti Bimtek dari unsur fasilitator daerah, master trainer, Perpustakaan Provinsi Lampung; Perpustakaan Kabupaten Mesuji, dan Pengelola Perpustakaan Desa dan beberapa pengelola Perpustakaan kabupaten lain di Lampung.

BACA JUGA:  Masyarakat Boleh Salat Idul Fitri di Masjid, Ini Penjelasan Kemenag Lampung

Pada kesempatan yang sama, Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI, Dedi Junaedi, mengatakan, untuk meningkatkan Indeks literasi manusia, perlunya akreditasi bagi perpustakaan di daerah.

“Perlunya akreditasi bagi perpustakaan di daerah dan peran perpustakaan dalam strategi peningkatan indeks literasi masyarakat,” ujar Dedi.(HL-Rangga)