Pemdes Pampangan Gotong Royong Bersihkan Saluran Irigasi

218

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN-Pemerintah Desa (Pemdes) Pampangan, Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran,
membersihkan saluran irigasi dari aliran sungai Way Padang Ratu, dengan cara bergotong royong, Kamis (1/7/2021).

Pantauan headlinelampung.com gotong royong yang dipimpin kepala desa (Kades) Pampangan, Iwan Marzuli bersama jajaran aparat desa, Karang Taruna dan warga setempat, dalam rangka persiapan mewujudkan “Eko Wisata Desa”.

Dengan menggandeng Kelompok Warga Sadar Wisata (Wasata), Pemdes Pampangan akan membangun ‘Eko Wisata Desa” di Dusun Suka Warna Desa Pampangan, Kecamatan Gedongtataan.

BACA JUGA:  Sejumlah Penyimbang Kecamatan Pubian, Dukung Penuh Polri Dalam Penegakan Hukum

“Bersama warga dan Karang Taruna, kami gotong royong membersihkan saluran irigasi dengan tujuan untuk mewujudkan adanya Eko Wisata Desa yang bekerjasama dengan pihak Wasata, yang

‘Mudah-mudahan, ‘Eko Wisata Desa’ dapat diwujudkan di Desa Pampangan tahun ini,” kata Iwan.

Menurutnya, “Eko Wisata Desa” bertujuan untuk menggali potensi sumber daya alam (SDA), dan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk dijadikan obyek wisata desa yang dapat memberikan kontribusi yang positif, dengan memanfaatkan kearifan lokal, baik adat serta budaya dengan mengedepankan unsur-unsur alami.

BACA JUGA:  Wakil Ketua TP-PKK Pringsewu Bagikan Ratusan Paket Sayuran

“Kami harapkan “Eko Wisata Desa” ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan pengelola,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Wasata, Budi Setiyawan Saputra mengatakan, konsep “Eko Wisata Desa” mengedepankan arsitektur alamiah dengan memanfaatkan sarana SDA yang ada, tanpa harus merubah tatanan dan merusak ekosistem.

“Kami berharap, dengan “Eko Wisata Desa” dapat mengangkat semua potensi yang ada di Desa Pampangan. Diantaranya, hasil bumi, kerajinan, adat dan budaya,” ujarnya.(HL-Yudhi)