Pemkab Pesawaran Minta Pengusaha Tutup Sementara Destinasi Wisata

14

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran, meminta pengelola obyek wisata dan pelaku usaha pariwisata untuk menutup sementara.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pesawaran Kesuma Dewangsa mengatakan, keputusan tersebut tindaklanjuti Surat Instruksi Bupati Pesawaran No: 4/2021.

“Sebagai tindak lanjut Instruksi Bupati Pesawaran mengenai Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro Darurat Covid-19. Jadi, seluruh destinasi wisata ditutup sementara,” kata Kesuma, Sabtu (10/7/2021).

BACA JUGA:  Kakam Bulusari Sambangi Warga Penerima BLT Dana Desa

Menurutnya, keputusan itu juga berdasarkan hasil rapat terbatas Bupati Pesawaran dengan Jajaran Forkopimda Rabu (7/7/2021) lalu, terkait pencegahan dan penanganan Covid-19.

Kesuma mengatakan, pemberitahuan tentang keputusan tersebut telah disampaikan kepada para pelaku usaha pariwisata melalui Surat Edaran (SE) No: 556/3326/IV.04/VII/2021.

“Dalam SE itu, tertera penutupan destinasi wisata sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Gegara Virus Corona, Omzet Pedagang Buah asal Cina di Lampura Turun

Kesuma mengatakan, apabila para pelaku wisata tidak memenuhi ketentuan tersebut dan terjadi pelanggaran maka akan dikenakan sanksi.

“Jika ada yang melanggar, akan diberikan sanksi administratif sampai dengan penutupan destinasi wisata atau usaha pariwisata sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” pungkasnya. (HL-Yudhi)