Perpusdes Sidang Kurnia Agung Gandeng Penyuluh Pertanian Gelar ‘Sekolah Lapang’

62

HEADLINELAMPUNG, MESUJI-Implementasi Program Tranformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), Perpustakaan Desa (Perpusdes) Sidang Kurnia Agung, Kecamatan Rawajatu Utara Kabupaten Mesuji bersama Penyuluh Pertanian menggelar ‘sekolah lapang’.

Kegiatan bertemakan ‘Upaya Meningkatkan Produktivitas Jamur Jakaba’ dilaksanakan di Gedung Perpusdes setempat, Minggu(11/07/2021).

Kegiatan yang dipandu Penyuluh Pertanian, Bahrul Ulum diikuti oleh sebanyak 25 orang yng berasal dari beberapa anggota kelompok tani di Desa Sidang Kurnia Agung.

BACA JUGA:  Puskesmas Wirabangun Lakukan Pemantauan ODGJ di Simpang Pematang

Bahrul Ulum memaparkan, Sekolah Lapang merupakan proses pembelajaran non formal bagi para petani untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagaimana produksi jamur Jakaba, untuk meningkatkan kesuburan tanah,mengatasi blas jamur dan mempercepat pertumbuhan pada tanaman padi.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan petani dalam mengenali potensi, menyusun rencana usaha tani, identifikasi masalah dan pemecahannya, mengambil keputusan serta menerapkan usahatani yang lebih baik,” ucap Bahrul.

BACA JUGA:  Vaksinasi Covid-19 di Pekon Rejosari Kabupaten Pringsewu Capai 92 Persen

Ia menambahkan, melalui Sekolah Lapang diharapkan petani dapat menambah ilmu pertanian sekaligus mempraktekannya di lapangan dengan bimbingan penyuluh pertanian di wilayahnya.

“Saya mengimbau petani, agar menerapkan pengetahuan yang diterima dalam Sekolah Lapang, dan menyebarkan kepada petani lain yang belum berkesempatan mengikuti Sekolah Lapang. Dengan demikian harapannya dapat terjadi peningkatan produksi padi,” pungkasnya.(HL-Rangga)