DLH Tubaba Optimis Selesaikan Persoalan Sampah

47

HEADLINELAMPUNG, TUBABA-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) optimis bisa mengatasi permasalahan sampah yang ada di secara bertahap.

Kepala DLH Tubaba Firmansyah mengatakan, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin dalam mengatasi permasalahan sampah.

“Ya kita tetap berusaha sekuat tenaga agar persoalan sampah ini bisa terlaksana tanpa kendala,”ujar Firmansyah saat dikonfirmasi wartawan diruang kerjanya, Rabu (14/7/2021).

Dijelaskannya, DLH Tubaba memiliki dua alat transportasi pengangkut sampah berupa Dump Truk (Truk sampah), kedua mobil tersebut beroperasi di tiga kecamatan induk yakni, Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT), Tulangbawang Udik (TBU) dan Tumijajar.

BACA JUGA:  Antisipasi Virus Corona, Polres Lampung Selatan Aktif Olahraga

Diketahui, masing-masing kedua unit mobil tersebut memiliki biaya operasional sebesar dua juta rupiah.

Dua unit mobil sampah tersebut selayaknya beroperasi setiap hari, agar tidak terjadi penumpukan sampah dan menyebabkan bau yang tak sedap. Akan tetapi, berdasarkan ketentuan, kedua mobil itu beroperasi sepuluh hari dalam kurun waktu satu bulan.

Kendati demikian, DLH Tubaba terus berupaya berimprovisasi guna mensiasati sampah yang menumpuk setiap harinya, agar efektif dan efisien.

BACA JUGA:  Bupati Dendi Imbau Warga Pesawaran Salat Idul Fitri di Rumah

Tempat penampungan sampah di pasar itu bukan hanya menampung sampah pasar, akan tetapi sampah rumah tangga yang berasal dari masyarakat diseputaran tempat pembuangan sampah. Hal tersebutlah yang menimbulkan sampah semakin banyak bertumpukan dan mengeluarkan bau yang tak sedap.

Firman berharap agar masyarakat bisa senantiasa membuang sampah secara teratur, dan melakukan pemilahan sampah seperti program yang gagas Bupati Tubaba Umar Ahmad tentang kecintaan terhadap kelestarian alam.

“Masyarakat harus tetap menjaga kebersihan lingkungan, guna menjaga keberlangsungan alam untuk kedepannya,” pungkasnya.(HL-dra/*)