Bupati Nanang Putuskan Pilkades Serentak Ditunda

12

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG SELATAN-Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes), penularan V
Covid-19 cenderung tidak terkendali.

Hal itu disampaikan Bupati Nanang saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) bersama camat, kepala desa (Kades), calon kades, dan Kepala UPT melalui virtual meeting di Aula Sebuku, Minggu (18/7/2021).

Menariknya, dalam Rakor tersebut Bupati Nanang mengabsen satu persatu ASN maupun Kades dan Cakades yang mengikuti virtual meeting.

Bupati Nanang meminta kepada semua aparatur di Kecamatan Katibung, baik Camat, Kades, KUPT untuk dapat bekerja sama dan bergotong-royong menekan laju Covid-19 di Kabupaten Lamsel.

BACA JUGA:  Bupati Tanggamus Hadiri Grand Opening D'Nala Resto & Cafe

“Penularan Covid-19 luar biasa, dan saya meminta kepada semua masyarakat Lamsel untuk benar-benar menjaga dan mematuhi Prokes,” ujarnya.

Bupati Nanang mengatakan, Camat sebagai komandan di wilayah kecamatan melakukan koordinasi gerakkan Uspika serta UPT untuk menekan laju covid-19.

“Sosialisasikan Prokes, dan penundaan Pilkades, kontrol situasi di Katibung,” imbuhnya.

Dikatakannya, sesuai data yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lamsel, Eka Riantinawati, tren kasus Covid-19 mingguan di Lamsel berfluktuasi.

Dijelaskan Nanang, angka kesembuhan dari positif Covid-19 sebesar 81,6%, masih dibawah angka nasional sebesar 84,6%. Kemudian, angka kematian positif Covid-19 masih cukup tinggi, yakni sebesar 5,2% dan ini masih diatas angka nasional yakni, sebesar 2,6%. Sedangkan, kasus aktif sebesar 13,2% masih dibawah angka nasional yakni, sebesar 14,8%.

BACA JUGA:  Musa Ahmad Janjikan Bonus 15 juta untuk  Atlet Porprov Peraih Medali Emas

“Dari data itu, maka saya memutuskan untuk menunda sementara Pilkades serentak di Lamsel,” ujarnya.

Dikatakan Nanang, keadaan ini tentu tidak diinginkan, tetapi jika melihat tren kasus Covid-19 di Lamsel, diputuskan Pilkades ditunda, untuk menghindari bertambahnya masyarakat Lamsel yang terpapar Covid-19.

“Saya juga minta masyarakat, pada saat perayaan Idul Adha untuk tidak melakukan takbir keliling. Dan, mengimbau umat muslim di Lamsel melaksanakan ibadah Salat Idul Adha di rumah bersama keluarga,” pungkasnya. (HL-Ricky/kmf)