Bupati Tanggamus Luncurkan Bantuan Beras PPKM untuk Ribuan KPM

12

HEADLINELAMPUNG TANGGAMUS-Bupati Tanggamus, Dewi Handajani bersama Forkopimda menghadiri peluncuran pemberian bantuan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2021 di Balai Pekon Purwodadi, Kecamatan Gisting kabupaten setempat, Jumat (23/7/2021).

Kegiatan tersebut, dihadiri juga oleh
Dandim 0424/Tanggamus Letkol Inf. Arman Aris Sallo, Kapolres AKBP Oni Prasetya SIK Kabid Minku Bulog, Dedi Kurniawan, Kepala Pos Lampung, Frananda Rahmanto, Asisten I bidang pemerintahan, Faturahman, Ketua APDESI Kecamatab Gisting, Sukamto, Koordinator Lapangan TKSK
Fadli, Koordinator daerah PKH Aris, Uspika Kecamatsn Gisting, Perwakilan KPM Bansos BST dan PKH 10 orang.

Bupati Dewi Handayani menyatakan,
Ditengah pandemi Covid-19 banyak sekali masyarakat mengalami masa-masa sulit. Bakan, pandemi ini perlahan-lahan membuat banyak orang harus berusaha keras untuk tetap bertahan hidup.

Menurutnya, dengan menyebarnya pandemi Covid-19, dan diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), banyak golongan masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan, bahkan harus
kehilangan mata pencahariannya.

BACA JUGA:  Januari-November 2021, Kasus Lakalantas di Lamteng Banyak Selesai di Luar Pengadilan

Dikatakan Dewi, bagi sebagian orang tidaklah mudah untuk bisa bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19 yang merebak. Kelaparan sudah pasti menjadi momok bagi kehidupan mereka.

“Kalau ini terjadi di Tanggamus, tentunya sangat disesalkan dan
mengundang rasa iba bagi kita yang menyaksikan banyaknya potret kemiskinan yang terus bertambah dari hari ke hari,” ujarnya.

Dijelaskannya, ketahanan pangan selama masa pandemi Covid-19 menjadi salah satu isu krusial. Karena, keterjangkauan akses pangan yang menjadi bagian dari ketahanan pangan, mesti dipastikan pemerintah seiring penerapan pembatasan sosial di berbagai daerah.

Dikatakan Dewi, Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin pada bulan September 2020 tercatat 70.370 orang. Saat ini, pemeritah mengeluarkan kebijakan dengan memberikan bantuan beras sebagai upaya mendukung pemberlakuan pembatasan kegiatan
masyarakat (PPKM), yang bertujuan sebagai upaya pemenuhan pangan bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

BACA JUGA:  Wabup Pringsewu Gagas Program Ibu Hamil Suami Siaga

“Masyarakat yang akan
mendapatkan bantuan beras ini, adalah Kelurga Penerima Manfaat (KPM) yang tercatat dalam data bayar penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST),” jelasnya.

Dia mengharapkan, dukungan semua pihak termasuk TNI-Polri dalam
mengawasi distribusi beras agar benar sampai ke tujuan, tersalurkan dengan tepat sasaran, tepat kualitas dan tepat manfaat sehingga dirasakan benar
manfaatnya bagi masyarakat.

Ditambahkanya, bantuan beras yang akan diterima KPM sebanyak 10 kg dengan kualitas medium dan disalurkan oleh PT Bulog dan PT Pos Indonesia sebagai transporternya.

“Jadi total beras yang disalurkan, sebanyak 642.740 kg, dengan data penerima 64.272 s/d 71.988 KPM,” pungkasnya.(HL-Andi/*)