Tradisi Pedang Pora, Kapolres Tubaba Pimpin Pelepasan Purnabakti Personel Polri

23

HEADLINELAMPUNG, TUBABA-Kepolisian Resor (Polres) Tulangbawang Barat menggelar upacara wisuda purna bakti dua personil Polri, di halaman Mapolres setempat, Sabtu (31/7/2021).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Tulangbawang Barat (Tubaba), AKBP Hadi Saepul Rahman SIK.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Tubaba AKBP Hadi Saepul Rahman. SIK secara simbolis menyerahkan tanda penghargaan dan cindera mata, serta pengalungan selendang dan karangan bunga kepada anggota yang mengakhiri masa baktinya tersebut.

Selanjutnya, bersama seluruh anggota, Kapolres mengiringi keduanya hingga gerbang Mapolres.

AKBP Hadi menyampaikan, upacara ini pada hakekatnya merupakan penghargaan yang tulus dan ungkapan rasa hormat yang setinggi-tingginya dari segenap kesatuan atas pengabdian selama dinas aktif sampai mengakhiri tugas bagi anggota yang memasuki masa pensiun.

BACA JUGA:  AKP Edi Qorinas Sebut Ada Dua Zat Kimia Didugar Racun Dalam Pisang Goreng Yang Mematikan

“Atas nama pimpinan dan pribadi menyampaikan penghargaan serta rasa hormat kepada segenap anggota yang telah memasuki masa purna atas dedikasi dan kinerja serta darma baktinya kepada bangsa dan negara,” ujar Kapolres.

Menurutnya, kegiatan ini juga menindak lanjuti perintah pimpinan, bahwa dilaksanakan upacara purna bakti kepada para perwira tinggi Polri yang memasuki masa purna tugas.

Sementara tradisi pelepasan pedang pora ini sebagai bentuk wujud nyata penghargaan satuan intitusi Polri kepada tugas dan jasa-jasa para anggotanya. 

“Tak ada gading yang tak retak, atas nama kesatuan dan keluarga besar memohon maaf. Kami juga akan terus bersama rekan sekalian sebagai bagian dari keluarga besar Polri. Jadi kapan saja, kita selalu terbuka,” paparnya.

BACA JUGA:  Perkara Sajam dan Senpira, Enam Orang dan Satu DPO Diamankan Tekab 308 Polres Way Kanan

Sementara 2 anggota tersebut, masing-masing yang mengikuti wisuda purna bakti periode Juli 2021 antara lain, Kompol Purnawirawan Sobari dan AKP Purnawirawan Suhardi. 

Kasubbag Humas Polres Tubaba, IPDA Dian Purnama mengungkapkan, bahwa pelepasan ke dua Purna Bakti yang memasuki masa purna tugas, dirinya mewakili teman teman di jajaran Polres Tubaba mengucapkan terima kasih atas pengabdian selama bertugas. 

“Selama masih aktif, Kompol Purn Sobari dan AKP Purn Suhardi telah memberikan pengabdian terbaik di Polres Tubaba,” ujarnya. (HL-dra/*)