Puska Mandiri Pekon Pura Mekar Ikut Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional

26
Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus menghadiri lomba Perpustakaan Tingkat Nasional melalui Video Conferensi (Vicon), di Pekon Pura Mekar Kecamatan Gedung Surian kabupaten setempat, Rabu (01/09/2021). (fofo: ist)

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT-Perpustakaan Puska Mandiri Pekon Pura Mekar, Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat (Lambar), mewakili Provinsi Lampung dalam lomba Perpustakaan Tingkat Nasional.

Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional melalui Video Conferensi (Vicon) tersebut, dengan Ketua Tim Penilaian Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional Dedi Zunaidi di Pekon Pura Mekar Kecamatan Gedung Surian, Rabu (01/09/2021).

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Bupati Lampung Barat (Lambar), Parosil Mabsus, Kadis Perpustakaan Lampung Ratna Dewi Juwita, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, Kejari, Dandim 0422/LB, Kapolres, Bhabinkamtibmas, Tim Gerakan Literasi Kabupaten Lambar, Camat, Peratin, dan tokoh masyarakat kabupaten setempat.

Bupati Parosil memberikan apresiasi atas capaian Perpustakaan Puska Mandiri Pekon Pura Mekar, yang mewakili Lampung pada lomba Perpustakaan Umum di tingkat nasional.

BACA JUGA:  Wabup Way Kanan Gunakan Dana Pribadi Bantu 33 Warga Panca Negeri yang Isoman

Parosil merasa bangga, karena salah satu komitmen daerah yakni, Kabupaten Literasi mendapat pengakuan dari pemerintah pusat dan hari ini terbukti perpustakaan Puska Mandiri di Pekon Pura Mekar dinobatkan untuk mewakili Lampung pada event bergengsi ditingkat nasional.

“Mudah-Mudahan pencapaian ini, dapat semakin meningkatkan motivasi dan kinerja Perpustakaan Puska Mandiri Desa Pura Mekar,.dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat,” ujarnya.

Parosil mengatakan, Literasi juga telah menjadi salah satu prioritas bagi Kabupaten Lambar.

Menurutnya, peningkatan akses literasi yang berkualitas di masyarakat dilakukan dengan penyediaan sarana prasarana, pengembangan kompetensi. Salah satu sarana dan prasarana penunjang, dalam peningkatan kualitas masyarakat adalah melalui pemanfaatan Perpustakaan Desa.

BACA JUGA:  Wabup Azwar Hadiri Pagelaran Wayang Kulit di Desa Surya Mataram

Dijelaskannya, Pemkab Lambar telah melakukan beberapa program untuk meningkatkan minat baca masyarakat yakni, 1 Bentor 1 Kecamatan perpustakaan keliling, program PM (Pagi Membaca) bagi pelajar, pojok baca bagi pekon dan telah tersedia perpustakaan digital (E-Pusdakab) yang bisa di akses melalui android.

“Saya berharap, gerakan literasi di Lambar yang saat ini mewakili Lampung dalam lomba perpustakaan tingkat nasional dapat menjadi nominasi terbaik, guna memacu masyarakat dalam membaca buku,” pungkasnya.(HL-Hendri/*)