14 Nakes Puskesmas Pekurun Lampura Disuntik Booster Vaksin Covid-19

14
Salah satu Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Pekurun, Kecamatan Abung Pekurun Kabupaten Lampung Utara saat vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster, Jumat (03/09/2021). (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG UTARA-Sebanyak 14 Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Pekurun Kecamatan Abung Pekurun, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), disuntik vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster, Jumat (03/09/2021).

Kepala Puskesmas Pekurun, Irma Afria Suryani, SKM mengatakan, pemberian vaksin Moderna ini, guna memberikan kekebalan daya tahan tubuh yg lebih maksimal kepada Nakes sebagai garda terdepan di pelayanan kesehatan.

Sebelumnya, lanjut dia, pelaksanaan pemberian booster vaksin moderna untuk Nakes di Puskesmas Pekurun sudah dimulai sejak 25 Agustus 2021 lalu. Namun, pelaksanaannya diberikan secara bertahap.

BACA JUGA:  DPRD Kota Metro Desak Dinkes Cairkan Insentif Tenaga Medis Covid-19

“Tahapan ini dilakukan, dalam upaya untuk berjaga-jaga apabila seandainya terjadi keluhan kejadian ikutan pasca imunisasi yg bersamaan, jika semua Nakes dilakukan vaksinasi booster secara sekaligus,” ujarnya.

Irma menjelaskan, 14 Nakes yang akan divaksin telah di swab antigen untuk memastikan mereka yang disuntik vaksin dalam keadaan sehat.

“Setelah di swab antigen oleh Agrna Geany selaku analis di Puskesmas Pekurun, dan hasilnya negatif. Selanjutnya, 14 Nakes melakukan register, dan di skrining oleh dr. Dioba Ficha. Kemudian, segera disuntikan oleh Bidan Purwanti di lengan atas kiri,” tukasnya.

BACA JUGA:  Hujan Deras Picu Tanah Longsor di Kecamatan Ulu Belu Tanggamus

Untuk diketahui, pelaksanaan vaksin 14 Nakes didampingi oleh Kepala Puskesmas Pekurun menerapkan protokol kesehatan (Prokes), berjalan tertib dan lancar. (HL-bud)