Miliki 308 Inovasi, Pemkab Lambar Optimis Masuk 5 Besar IGA 2021

25
Kepala Balitbang Kabupaten Lampung Barat, Paijo. (foto: hendri)

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT-Dengan memiliki 308 inovasi daerah, Pemkab Lampung Barat (Lambar) optimis masuk dalam lima besar pada penilaian Innovative Government Award (IGA) tahun 2021.

Pasalnya, tahun 2020 lalu dengan 156 inovasi, Pemkab Lambar mampu menempatkan enam besar pada ajang bergengsi tingkat nasional tersebut.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Lambar Paijo mengatakan, saat ini penilaian IGA 2021 sudah memasuki tahapan penilaian input inovasi yang akan ditutup pada 17 September mendatang, yang selanjutnya menunggu jadwal untuk pelaksanaan presentase oleh Bupati Lambar.

BACA JUGA:  Kapolres Lamteng Ingatkan Personel Tingkatkan Kedisiplinan

”Nantinya setelah penilaian berlangsung akan diambil sebanyak 10 kabupaten, 10 kota dan lima provinsi terinovatif. Tahapan selanjutnya, akan dilakukan penilaian lanjutan, dan dengan jumlah inovasi yang kami sampaikan optimis pada IGA tahun ini Lambar akan masuk lima besar kabupaten terinovatif,” ujarnya, Selasa (07/09/2021).

Menurut Paijo, 308 Inovasi tersebut beradal dari perangkat daerah, kecamatan, pekon dan Puskesmas. Namun, 90 persen dari jumlah inovasi tersebut merupakan inovasi dari perangkat daerah, mengingat untuk kecamatan, pekon dan Puskesmas belum diwajibkan untuk mengikutsertakan inovasi.

”Sesuai dengan kategoi lomba yang diadakan oleh pemerintah pusat, ada tiga macam inovasi yakni, administrasi, pelayanan publik, dan inovasi lainnya yang sesuai dengan perundang-undangan,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Biaya Operasional Tinggi, GSABSW Kota Metro Terancam Mangkrak

Paijo menambahkan, seluruh inovasi tersebut akan dibahas oleh tim dan akan ditetapkan salah satu inovasi unggulan. Tahun 2020, Ambulance Hebat menjadi inovasi yang diunggulkan, dan tahun ini inovasi tersebut tidak lagi diikutsertakan.

”Dari 156 inovasi tahun lalu, hanya 90 inovasi yang kita ikutsertakan kembali di IGA 2021, karena memang untuk inovasi lainnya seperti ambulance hebat tidak diikutsertakan lagi,” pungkasnya. (HL-Hendri)