Bupati RAS: PAUD Menjadi Landasan Keberhasilan Pendidikan

5
Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya saat menghadiri Bimtek peningkatan kapasitas penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI), di Gedung Serba Guna (GSG) kabupaten setempat, Selasa (21/09/2021). (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, WAY KANAN-Pendidikan anak usia dini (PAUD), merupakan landasan keberhasilan pendidikan jenjang berikutnya.

Pasalnya, usia dini merupakan usia emas bagi seseorang. Artinya, bila seseorang mendapatkan pendidikan yang tepat, maka akan memperoleh kesiapan belajar yang baik, dan menjadi salah satu kunci utama untuk keberhasilan pada jenjang berikutnya.

Hal itu disampaikan Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya (RAS) saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI), di Gedung Serba Guna (GSG) kabupaten setempat, Selasa (21/09/2021).

Menurutnya, PAUD adalah salah satu wadah bermain dan belajar bagi anak-anak. Dalam proses pendidikan PAUD, anak-anak akan mendapat didikan, dan dibantu untuk mengeluarkan, mengembangkan potensi dan kreatifitas sejak dini.

BACA JUGA:  Pemeriksaan Perkara Korupsi Pasar Cendrawasih, Belum ada Penambahan Tersangka

Dikatakan RAS, melalui program bermain sambil belajar tentunya, diyakini tidak akan membuat anak-anak jenuh ataupun bosan.

“PAUD siap membantu orang tua, untuk menyelamatkan usia emas putra putrinya. Karena, Perencanaan pembelajaran PAUD telah disusun dengan matang, untuk memberikan arah yang tepat dalam proses pembelajaran,” ujarnya.

RAS menjelaskan, kurikulum yang diterapkan dalam lingkungan PAUD sudah disusun, dan disesuaikan dengan kondisi para murid yang berpedoman dengan Permendibud No: 146/2014, tentang kurikulum 2013 PAUD bertujuan untuk mendukung perkembangan peserta didik secara optimal.

BACA JUGA:  Jabatan Kasat Sabhara dan Dua Kapolsek Jajaran Polres Lampung Utara Diserahterimakan

Jadi, lanjutnya, berdasarkan kurikulum 2013, keberadaan PAUD di tiap-tiap kampung atau desa sangatlah penting, untuk memastikan agar seluruh anak di Kabupaten Way Kanan mendapat layanan pendidikan yang layak pada saat usia emas.

RAS menyatakan, peran pengurus dan pendidik tidak bisa dikesampingkan, karena kemampuan pendidik dalam menyesuaikan diri dengan anak-anak sangat diperlukan, sehingga para murid benar-benar merasa aman, dan nyaman ketika mereka berada diluar pengawasan orang tua.

Ia menambahkan, seluruh lembaga PAUD di Kabupaten Way Kanan diharapkan dapat melaksanakan layanan PAUD-HI, sehingga keberadaannya benar-benar memberikan layanan pendidikan secara maksimal untuk tumbuh kembang anak-anak usia dini. (HL-Apriyadi/Migo)