Bupati Tubaba Harapkan Program Pelatihan Jurnalistik Berkelanjutan

45
Bupati Tulangbawang Barat, Umar Ahmad bersama siswa dan siswi SD dan SMP yang mengikuti Pendidikan Jurnalistik yang digelar PWI kabupaten setempat, Rabu (22/09/2021). (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, TUBABA-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat, mengapresiasi kegiatan pendidikan jurnalistik untuk pelajar SD dan SMP, yang digelar PWI kabupaten setempat.

Hal itu diungkapkan Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Umar Ahmad saat menghadiri acara pembukaan Pendidikan Jurnalistik oleh
PWI kabupaten setempat, Rabu (22/09/2021).

“Kegiatan ini adalah langkah yang sangat baik sekali, karena memang setiap perubahan-perubahN di Kabupaten Tubaba harus tercatat dan terdokumentasi dengan baik,” kata Bupati Umar.

Ia berharap, melalui Pendidikan Jurnalistik, selain memberikan tauladan dan pemahaman tentang apa itu kewartawanan, PWI juga dapat membumikan nilai-nilai Tubaba kepada peserta.

“Kegiatan seperti ini mungkin yang pertama kali di Indonesia, dan saya berharap dapat berkelanjutan, bukan hanya terhadap pelajar, tetapi mungkin ke depan bisa juga menggelar Pendidikan Jurnalistik untuk Aparatur Tiyuh.dan lain-lain. Sehingga dengan cara ini, maka masyarakat akan lebih tahu bahwa profesi wartawan bukan lah profesi yang menakutkan,” tukasnya.

BACA JUGA:  DPRD Way Kanan Cek Kesiapan Gedung Baru RSUD ZAPA

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Tubaba, Edi Zulkarnain mengatakan,
bahwa PWI ingin membumikan Tubaba melalui pendidikan Jurnalistik, yang mana kegiatan tersebut bermula rasa prihatin terhadap situasi profesi wartawan yang banyak disalah gunakan oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan wartawan, sehingga membuat gaduh di Sekolah-sekolah, hinga ke Tiyuh.

“Dalam kegiatan ini terdapat 1.700 peserta. Untuk itu, kami berharap melalui Pelatihan Jurnalistik agar dapat berjalan lancar dan menjadi wahana bangkitnya profesi wartawan kearah yang lebih baik,” ujarnya.

BACA JUGA:  Tetap Patuhi Prokes, Kampung Gisting Jaya Way Kanan Rutin Gelar Turnamen Voli 'Tardus'

Pada kesempatan itu, perwakilan Kepala Sekolah, sekaligus Ketua MKKS SMP Kabupaten, Nurhamid mengucapkan terima kasih terhadap PWI Tubaba yang telah menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Jurnalistik tersebut.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, dan saya mewakili teman-teman dari MKKS tentunya mendukung penuh terselenggaranya acara ini, sehingga mempu memberikan pencerahan khususnya kepada anak-anak kita untuk memiliki wawasan kewartawanan,” ujarnya.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik tersebut, dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kominfo, Ketua DPRD, Dandim, perwakilan Polres serta perwakilan Dewan Guru dan murid peserta pelatihan Jurnalistik.(HL-Holidin/*)