LPTQ dan Pemkab Tubaba Gelar Seleksi Tilawatil Qur’an

24
Asisten I Pemkab Tulangbawang Barat, Rasyidi membuka STQ ke-II tingkat kabupaten tahun 2021, Sabtu (25/09/2021). (foto: indra)

HEADLINELAMPUNG, TUBABA-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat bersama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) menggelar Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke II tingkat kabupaten tahun 2021.

Kegiatan dalam rangka penjaringan qori dan qoriah berbakat tersebut, berlangsung di Pondok Pesantren Al-Furqon-Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Sabtu (25/09/2021).

Berdasarkan data dari panitia kegiatan, jumlah peserta pada STQ kali ini, sebanyak 144 orang kafilah perwakilan dari kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Tubaba.

Para peserta tersebut, terbagi di delapan cabang STQ yakni, Tilawah, Tahfidz Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Hafalan 30 Juz, Khath Al-Qur’an, Makalah, Hadist, Pensyarahan, dan.Fahmil Qur’an.

Bupati Tubaba, Umar Ahmad melalui Asisten Bidang Administrasi Umum M. Rasyidi menyampaikan, STQ adalah kegiatan yang telah mengakar dari tingkat nasional hingga tingkat terendah, kecamatan dan desa. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat diantaranya mengetahui peningkatan di masing-masing cabang pada pemahaman Al-Qur’an, sebagai ajang silaturahmi, saling tukar pengalaman dan pemahaman dalam mengkaji Al-Qur’an.

BACA JUGA:  Zaidirina Menjadi Pj Bupati Tulangbawang Barat?

Lebih dari itu, tujuan yang mendasar tidak lain adalah untuk menjaga dan melestarikan Al-Qur’an sebagai wahyu dari Allah SWT yang agung, yang akan tetap relevan sepanjang masa.

“Salah satu cara untuk menjaga dan mempertahankan pemahamannya adalah dengan adanya kegiatan Tilawatil Qur’an,” ungkapnya saat membuka kegiatan tersebut.

Di era serba maju ini, lanjutnya, sudah banyak bukti bahwa Al-Qur’an mampu menjawab semua tantangan di era sekarang. Dengan mempelajari Al-Qur’an secara utuh, bukan setengah- setengah, maka akan terbuka semua wawasan mengenai bumi dan isinya, mengenai manusia dan kehidupannya, serta dapat menemukan keagungan, kemuliaan dan kemukjizatan kitab suci Al-Qur’an yang kita cintai.

“Saya yakin, para dewan juri akan bekerja secara profesional serta bertanggung jawab karena dalam STQ ini nantinya diharapkan dapat menjadi kebanggaan daerah, serta dapat mewakili Tubaba di tingkat Provinsi. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik,” tandasnya.

BACA JUGA:  Pemkab Lampura Terima Bantuan CSR Bank Syariah Kotabumi

Ketua Umum LPTQ Kabupaten Tubaba Novriwan Jaya menjelaskan, pelaksanaan STQ ke II tahun 2021 dilaksanakan berdasarkan rapat kerja daerah (Rakerda) LPTQ ke VII pada 15 September 2021 lalu.

Ia mengatakan, pihaknya berterimakasih atas dukungan Pemkab Tubaba yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut, dapat terselenggara sesuai dengan rencana dan jadwal yang telah ditentukan.

”Semoga pada saatnya nanti, Tubaba menjadi lumbung para penghafal, pembaca, dan masyarakatnya berkah dengan Al-Qur’an,” ujar.Ketua LPTQ melalui Kabag Kesra Pemkab Tubaba Nurkholis Majid.

Kegiatan STQ tersebut, dihadiri juga oleh sejumlah pejabat di Kabupaten Tubaba diantaranya, Kepala Kemenag, Wakapolres, Ketua MUI, Dewan LPTQ KUA, Kepala OPD, para Camat, dan Ketua LPTQ Kecamatan.

Untuk diketahui, peserta STQ terbaik akan mewakili Kabupaten Tubaba pada MTQ tingkat Provinsi Lampung di Bandar Lampung pada 26 November sampai dengan 4 Desember 2021 mendatang.(HL-dra/*)