Bupati Lambar-Pesibar Hadiri Rakor Penanganan Covid-19

25
Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus bersama Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal saat menghadiri rapat koordinasi (Rakor) penanganan penyebaran Covid-19, dan percepatan vaksinasi, Senin (27/09/2021). (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT-Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kabupaten Lampung Barat (Lambar), bersama Pesisir Barat (Pesibar), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penanganan penyebaran Covid-19, dan percepatan vaksinasi, Senin (27/09/2021).

Rakor yang digelar di ruang rapat Aula Rupatama Polres Lambar tersebut, dihadiri Bupati Parosil Mabsus, Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, Kapolres Lambar AKBP Hadi Saeful Rahman, Dandim 0422/LB Letkol Czi. Benni Setiawan, Kepala Kejaksaan Negeri Lambar diwakili Kasi Intelijen Atiek Ariyosa, anggota DPRD Pesbar, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lambar dan Pesbar, Kepala BPBD Lambar, Kasat Pol PP Lambar dan Pesbar, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Lambar-Pesbar.

Bupati Lambar, Parosil Mabsus mengatakan, mengapresiasi langkah konkrit Polres Lambar terkait pelaksanaan penanganan vaksinasi covid-19 saat ini.

BACA JUGA:  Polsek Seputihmataram Tangkap Pelaku Curas

“Kita sudah berupaya sesuai tindakan dan kewenangan masing-masing, baik dari Pemkab, TNI, Polri dan juga backup dari ikatan profesi lainnya,” kata Parosil.

Bicara vaksinator lanjutnya, pihaknya siap mulai dari kelembagaan yang konteksnya pemerintah pekon, kecamatan dan dari unsur komunitas juga sangat oke, tetapi kendalanya kita akui keberadaan vaksin itu sendiri.

Sehingga perlunya didiskusikan dan sinkronisasi keberadaan vaksin itu. Ini manfaatnya koordinasi untuk melakukan langkah cepat dan tanggap.

“Alangkah indahnya jika vaksinasi dilakukan di tempat yang sejuk, seperti di tempat wisata, pasar atau lapangan tempatnya tidak mencekam seperti di Puskesmas, kalau di Puskesmas kesannya seperti berobat,” lanjutnya.

Ia berharap Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) segera membuat agenda pelaksanaan vaksin, dan juga seluruh peratin segera mendata masyarakat di pekonnya.

BACA JUGA:  Jadi Irup HUT ke-76 Lamteng, Ini Pesan Bupati Musa Ahmad

“Saya mengapresiasi yang dilakukan Kapolres Lambar, mengenai vaksinasi mudah-mudahan ini dapat memantapkan strategi vaksin di lapangan. Kita berkolaborasi antara Pemda, TNI dan Polri, dengan kolaborasi yang kita lakukan mudah-mudahan pemerintah pusat melihat keseriusan kita dalam penanganan covid ini,” tambahnya.

Selain itu, Kapolres Lambar, AKBP Hadi Saeful Rahman juga menyampaikan, penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Lambar dan Pesibar dalam pelaksanaannya harus saling bersinergi.

“Kenapa harus sinergi, karena pandemi Covid-19 ini merupakan masalah kita semua, baik nasional maupun internasional,” ujarnya.

Ditambahkannya, meskipun saat ini Kabupaten Lambar dan Pesibar memasuki zona kuning. Namun, tidak boleh terlena dan harus mencari strategi yang harus dipakai terkait penanganan Covid-19, untuk tercapainya masyarakat sehat terbebas virus corona, dan menjadikan indonesia sehat, Indonesia maju. (HL-Hendri)