Peringati Hari Batik Nasional, Ketua Dekranasda Lampung tinjau Mini Exhibition UMKM Batik

6
Ketua Dekranasda Lampung, Riana Sari Arinal saat melihat produksi batik di Kelurahan Beringin Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung, Sabtu (02/10/2021). (foto: Diskominfotik)

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG-Dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, mengunjungi Mini Exhibition Perkumpulan Perajin dan Pengusaha Batik Lampung (P3BL), di Jalan Bayam Kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung, Sabtu (02/10/2021).

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO, yaitu badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang mengakui secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

BACA JUGA:  Adi Erlansyah Hadiri Haul Masyayikh Ponpes TQMH Ambarawa

Dalam rangka memperingati hari Batik Nasional Tahun 2021, Perkumpulan Perajin dan Pengusaha Batik Lampung (P3BL) yang merupakan wadah informasi dan pengembangan seni dan kerajinan Batik Lampung menggelar kegiatan Mini Exhibition Batik yang diikuti oleh 10 UMKM dari Kabupaten/Kota se provinsi Lampung.

Dalam kunjungannya, Riana Sari didampingi Ketua Perkumpulan Perajin dan Pengusaha Batik Lampung,.Laila Al Khusna, berkesempatan melihat secara langsung produk-produk batik yang digelar oleh 10 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik dari Kabupten/Kota se-provinsi Lampung dalam Mini Exhibition tersebut.

BACA JUGA:  Jelang Ramadhan, Gubernur Ajak Tokoh Agama-Pendidikan Rumuskan Langkah Bijak Cegah Covid-19

Ketua Dekranasda berharap agar kerajinan Batik Lampung dapat terus berkembang dan lebih dikenal luas oleh masyarakat yang tentunya bermuara pada peningkatan kesejahteraan perajin dan pengusaha Batik.

“Tentunya saya ingin semua perajin-perajin Batik di Provinsi Lampung ini meningkatkan kualitasnya, selalu berinovasi sehingga batik-batik yang ada di provinsi Lampung ini yang dikerjakan oleh para perajin-perajin asli dari Lampung ini bisa di gemari atau disenangi dan dibeli oleh masyarakat yang ada diluar Lampung”, harap Riana Sari.(HL-Ayu/*)