Keberangkatan Umrah Menunggu Juknis, Berikut yang Harus Disiapkan Jamaah

76
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Juanda Naim. (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG-Pemerintah Arab Saudi telah membuka pelaksanaan ibadah umrah bagi jemaah internasional, khususnya Indonesia.

Menanggapi hal itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Lampung, Juanda Naim mengatakan, sampai saat ini belum ada petunjuk teknis (Juknis) tetang keberangkatan jamaah umrah ke Arab Saudi.

“Kami masih menunggu pembahasan antara Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan. Kita tunggu iya, ” ucap dia kepada Headlinelampung, Rabu (13/10/2021).

Sementara, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Ansori menambahkan bahwa Menteri Luar Negeri RI, telah menerima informasi berupa nota diplomatik dari otoritas Pemerintah Kerajaan Arab Saudi bahwa dalam waktu dekat, jemaah dari Indonesia akan diberikan keberangkatan menunaikan ibadah umrah di Arab Saudi.

BACA JUGA:  Dua PDP Lampung Meninggal Punya Riwayat dari Jakarta dan Tangerang

Sehubungan dengan hal tersebut, diharapkan mempersiapkan keberangkatan jemaah umrah, khususnya bagi Jemaah yang telah mendaftar dan membayar biaya umrah di Sertifikasi Penyelanggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), namun tertunda keberangkatan hingga saat ini.

Kemudian, melakukan pendataan terhadap jemaah tertunda terkait dengan pelaksanaan vaksinasi dosis lengkap sebagai persyaratan untuk melaksanakan ibadah umrah,” kata dia.

BACA JUGA:  Vaksinasi Massal di Tanggamus Tercapai 100 Persen

Selanjutnya, melaporkan data jemaah yang telah divaksinasi dosis lengkap dan siap untuk diberangkatkan pada kesempatan pertama kepada Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah dan data jemaah yang tertunda yang melakukan pembatalan/penarikan biaya perjalanan ibadah umrah kepada Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Laporan disampaikan secara tertulis oleh masing-masing PPIU dan dikirimkan melalul emal laporanumrah@kemenag.go.id atau laporanumrah@amail.com, ” tutup dia. (HL-Ayu)