Aparatur Pekon dan Kecamatan di Pringsewu Diberikan Pelatihan P3K

65
Bupati Sujadi saat membuka pelatihan Perencanaan Pembangunan dan Pengelolaan Keuangan (P3K), untuk aparatur pekon dan kecamatan, di Paris Pajaresuk, Senin (18/10/2021). (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, PRINGSEWU-Aparatur pekon dan kecamatan di Kabupaten Pringsewu, mendapat pelatihan Perencanaan Pembangunan dan Pengelolaan Keuangan (P3K).

Aparatur Pekon dan Kecamatan yang di berikan pelatihan P3K diantaranya, Kasi Perencanaan Kecamatan, Carik dan etugas yang menangani sistem keuangan pekon.

Pelatihan yang dibuka oleh Bupati Pringsewu, Sujadi di Paris Pajaresuk, Senin (18/10/2021), menjadi dua angkatan yakni, angkatan pertama 18-19 Oktober diikuti aparatur kecamatan dan aparatur 63 pekon dari Kecamatan Gadingrejo, Sukoharjo, Banyumas dan Pardasuka. Kemudian, angkatan kedua 21-22 Oktober diikuti aparatur kecamatan dan 63 pekon dari Kecamatan Pringsewu, Pagelaran, Pagelaran Utara, Ambarawa dan Adiluwih.

BACA JUGA:  Fahrizal Serahkan 14 Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2021

Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan, tugas pemerintahan pada prinsipnya adalah menyejahterakan rakyat, yang pada intinya adalah anggaran.

Menurutnya, pengelolaan keuangan yang tidak tepat berpengaruh kepada tingkat kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, ia mengingatkan para pengelola keuangan untuk berhati-hati, agar tidak melakukan tindakan yang dapat mengarah kepada tindak pidana korupsi.

Sujadi kembali mengingatkan prinsip 100-0-100, yakni, 100% benar dalam perencanaan program, 0% kesalahan dan 100% benar dalam laporan pertanggungjawaban.

BACA JUGA:  Ketua Dekranasda Pesibar Hadiri Peringatan Hari Batik Tingkat Provinsi

“Selain itu, koordinasi antara kecamatan dan pekon juga menjadi kunci keberhasilan dalam mewujudkan good and clean governance,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Pringsewu, Eko Sumarmi menjelaskan, tujuan diadakannya pelatihan P3K untuk meningkatkan pemahaman, dan keterampilan aparatur pekon dan kecamatan. (HL-Yono)