Wabup Lamteng Ajak Budayawan Perkenalkan budaya Lampung kepada Generasi Muda

42
BERSALAMAN Wakil Bupati Lampung Tengah, Ardito Wijaya, saat bersalaman dengan salah satu peserta PKD di Nuwo Balak, Rabu (20) 10/2021). (foto: Diskominfo)

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TENGAH-Wakil Bupati Lampung Tengah (Lamteng), Ardito Wijaya membuka Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) tahun 2021, di Sesat Agung, Nuwo Balak, Rabu (20/10/2021).

Pembukaan PKD tersebut, dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Adi Sriyono, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Syarief Khusen, dan Tokoh Adat Lampung, Suttan Darmawan Suttan sebagai Dewan Juri Lomba Cerdas Cermat Bahasa Lampung.

Menurut Kadisdikbud Lamteng, Syarief Khusen, kegiatan PKD tahun 2021 ini mengambil tema kearifan lokal untuk ketahanan budaya, dan ketahanan pangan, sandang dan papan menuju Lampung Tengah Berjaya.

BACA JUGA:  Disdikbud Bantah Satu Terduga Teroris Kepsek di Pesawaran

Ia menyatakan, tujuan kegiatan PKD adalah untuk melestarikan budaya kearifan lokal daerah Kabupaten Lamteng.

“Menggali dan melestarikan potensi budaya di Lamteng, meningkatkan apresiasi masyarakat tentang budaya lampung,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Syarif Khusen, PKD juga bertujuan memotivasi kaum muda untuk mencintai dan mengembangkan budaya daerah, serta meningkatkan kreativitas inovasi terhadap pengembangan budaya lokal.

BACA JUGA:  Bupati Adipati Hadiri Paripurna Persetujuan RPJMD

Sementara itu, Wabup Ardito Wijaya mengatakan, Pemkab Lamteng menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan PKD tahun 2021.

Menurutnya, dengan perkembangan zaman, generasi muda saat ini lebih menyukai budaya kebarat-baratan.

“Oleh karena itu, hal tersebut bisa merubah citra diri kita sebagai bangsa Indonesia, terutama masyarakat Lampung dan khususnya Lamteng,” tegasnya.

Lebih lanjut, Wabup Ardito Wijaya mengajak seluruh budayawan untuk memperkenalkan budaya Lampung kepada generasi muda. (HL-gunawan)