Pemprov Lampung 7 Kali Raih WTP dari Kementerian Keuangan

11
Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi saat menerima penghargaan WTP LKPD tahun 2020 dari Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Lampung, Ade Rohman, Rabu (17/11/2021). (foto: Diskominfotik)

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menerima penghargaan sebagai salah satu pemerintah daerah yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan selama tujuh kali.

Penghargaan WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020 tersebut, diserahkan Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Lampung, Ade Rohman kepada Gubernur Arinal Djunaidi, di Ruang Rapat Utama, Pemprov Lampung, Rabu (17/11/2021).

Ade Rohman mengatakan, penghargaan tersebut membuktikan komitmen dan keseriusan Pemprov Lampung dalam menjalankan tata kelola keuangan yang baik walau dalam kondisi Covid-19.

“Laporan keuangan Pemprov Lampung yang telah diaudit BPK telah memenuhi kesesuaian dengan SAP, kecukupan kepemilikan hak, ketakutan terhadap peraturan perundang-undangan, dan terpaku pada efektifitas sistem pengendalian internal,” ujarnya.

BACA JUGA:  Tahun 2022, Gas Elpiji 3Kg Dijual Kepada Pemilik Kartu Sembako

Ia berharap, Pemprov Lampung mempertahankan dan meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintahnya yang akuntabel dan transparan.

Sementara itu, Gubernur Arinal Djunaidi menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat melalui Menteri Keuangan (Menkue) atas penghargaan yang diperoleh Pemprov Lampung.

Ia juga memberikan apresiasi kepada para ASN di lingkungan Pemprov Lampung yang terus berupaya dan bekerja keras dalam mempertahankan Opini WTP.

“Semoga kita dapat terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja, dan meraih opini WTP sebanyak 7 kali berturut- turut sejak tahun 2015,” katanya.

Gubernur juga mengakui, bahwa pemerintah daerah mungkin saja masih terdapat beberapa kelemahan dan kekurangan dalam mengelola keuangan daerah.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Lampung Ade Utami Jadi Narasumber Diskusi KAHMI-Komek

Untuk itu, Arinal menerima berbagai masukan, saran, dan juga kritik dari Pemerintah Pusat agar dapat meningkatkan diri dalam pelaporan keuangan.

Diketahui, untuk Pemkab kabupaten/kota yang memeroleh LKPD selama 10 kali berturut-turut yakni, Pemkot Metro, Pemkab Lampung Barat, Pemkab Tulangbawang Barat, dan Pemkab Way Kanan.

Sementara itu, selain Pemprov Lampung, ada empat kabupaten yang meraih WTP yaitu, Pemkab Lampung Selatan, Pringsewu, Pesawaran, dan Tulang Bawang.

Sedangkan, lima daerah yang mendapatkan piagam WTP adalah Kabupaten Mesuji, Lampung Tengah, Lampung Timur, Pesisir Barat, dan Tanggamus. (HL-Ayu/*)