Gubernur Arinal: Covid-19 di Lampung Sudah Terkendali

12
Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi. (foto: dok)

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG-Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menyatakan, pandemi Covid-19 terkendali.

Hal itu disampaikan Gubernur Arinal
saat Nemui Nyimah Silaturahmi Pimpinan Daerah, Tokoh Nasional, dan masyarakat Perantauan asal Lampung, di Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Minggu (21/11/2021).

Arinal mengatakan, terkendalinya pandemi Covid-19 di Lampung, karena kerja keras Pemerintah Daerah bersama TNI-Polri, tenaga kesehatan, organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, dunia ysaha, akademisi, pers dan seluruh masyarakat Lampung.

“Lampung dapat melewati tantangan ini, dengan baik. Dan alhamdulillah, pertumbuhan ekonomi masih lebih baik, dan telah berhasil keluar dari fase kontraksi. Bahkan, pada Triwulan II 2021 pertumbuhan ekonomi Lampung menjadi yang tertinggi di Sumatera,” kata dia.

BACA JUGA:  Begini Cara Daftar dan Syarat BPUM Rp 1,2 Juta Tubaba, Silakan Cek?

Sedangkan, lanjutnya, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menunjukkan tren membaik. Pertumbuhan rata-rata IPM sebesar 0,9 persen pertahun atau rata-rata pertumbuhan tertinggi se-Sumatera. Begitu juga dengan Tingkat Kemiskinan yang menunjukkan perbaikan.

“Namun Provinsi Lampung, masih dihadapkan pada tantangan percepatan peningkatan IPM dan penurunan tingkat kemiskinan,” imbuhnya.

Arinal menjelaskan, sejumlah program pembangunan dan kinerja Pemprov Lampung mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Pusat. Seperti terbaik dalam penanganan Covid-19 periode Juni 2020, dan mendapatkan Dana Instentif Daerah (DID) tambahan tahap 1 Rp18,2 miliar dan tahap 3 Rp9,8 miliar.

BACA JUGA:  Polres Pringsewu Amankan 6 Tersangka Pembalakan Liar

Kemudian, penganugerahan Lomba Inovasi Daerah tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19, Juara 1 sektor restoran, juara 2 sektor pasar modern, dan Juara 3 sektor pasar tradisional.

Selanjutnya, mendapat penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021 yang diserahkan Wakil Presiden RI, sebagai Provinsi Terbaik dalam Peningkatan Produksi Padi Tahun 2019-2020, serta Produktivitas Paramakarya 2021 dari Kementerian Ketenagakerjaan RI yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI pada 17 November 2021.

“Alhamdulillah akhir tahun 2022, Pemprov Lampung meraih Piagam dan Plakat Penghargaan atas pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 7 kali berturut-turut,” tandasnya.(HL-Ayu/*)