SMPN 7 Bandar Lampung Raih Juara 3 PJAS Tingkat Nasional

11
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, Eka Afriana saat menerima penghargaan Juara 3 Lomba PJAS tingkat nasional yang diraih SMPN 7 dari BBPOM Bandar Lampung, Senin (22/11/2021). (foto: Nuy)

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG-Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Kota Bandar Lampung, meraih juara 3 lomba Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) aman tingkat Nasional yang digelar Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM).

Hal itu disampaikan, Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bandar Lampung, Eka Afriana, Senin (22/11/2021).

“PJAS merupakan salah satu, elemen penting yang berperan penting bagi keamanan jajanan anak sekolah,” kata Eka.

Dia mengatakan, upaya yang dilakukan oleh SMPN 7 Bandar Lampung untuk menjadi sekolah terbaik salah satunya dengan melakukan pengawasan jajanan anak usia sekolah.

“SMPN 7 sudah melakukan beberapa program, yang mendukung untuk mewujudkan PJAS, agar pangan jajanan anak sejak di produksi dan dikonsumsi tetap terjamin,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Partai NasDem Pilih Anna-Fritz Paslon di Pilwakot Metro

Dia menjelaskan, tujuan dari program PJAS merupakan gerakan masyarakat untuk senantiasa hidup sehat, khususnya murid-murid dan guru.

“Saya ucapkan selamat, kepada SMPN 7 atas keberhasilan meraih juara 3 lomba PJAS,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Bandar Lampung, I Kadek Sumartha mengatakan, prestasi ini merupakan berkat kerjasama yang apik antara instansi terkait untuk menciptakan inovasi keamanan pangan.

“Bahkan dalam hal keamanan pangan kami terus mengembangkan inovasi, sehingga beberapa pasar tradisional di kota ini pun mendapatkan juara keamanan pangan tingkat nasional,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala BBPOM Bandar Lampung, Sukriadi Darma mengatakan, PJAS adalah program yang dilakukan di 34 provinsi se-Indonesia.

“Dalam pelaksanaannya, kami bersinergi dengan Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten,” ujarnya.

BACA JUGA:  Hari Bhayangkara Ke 75, Polres Lampung Utara Gelar Upacara Virtual dan Syukuran

Dikatakan Sukriadi, SMPN 7 Bandar Lampung merupakan salah satu sekolah yang sudah mendapatkan nominasi secara berturut-turut pada perlombaan PJAS.

Menurutnya, penghargaan yang diberikan BBPOM kepada SMPN 7 merupakan usaha dari sekolah dan Pemkot Bandar Lampung yang berperan aktif dalam mewujudkan PJAS.

Sedangkan, Toni Priguna selaku Koordinator Pokja Pangan SMPN 7 Bandar Lampung mengatakan, untuk mewujudkan PJAS pihaknya menyediakan beberapa program untuk mengawasi jajan dan pangan yang beredar di lingkungan sekolah.

“Program yang kita jalankan yakni, kampanye PJAS melalui media sosial (Medsos), dan melakukan pengawasan
makanan dan pengecekan expired date di warung yang berjualan di sekeliling sekolah,” tandasnya. (HL-Nuy)