Wabup Tanggamus Ikuti Evaluasi PAD Bersama Mendagri

11
Wakil Bupati Tanggamus, AM Syafi'i saat mengikuti rapat evaluasi penyerapan anggaran daerah (PAD) tahun 2021 secara virtual meeting, Senin (22/11/2021). (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS-Wakil Bupati (Wabup) Tanggamus, AM Syafi’i, mengikuti rapat evaluasi penyerapan anggaran daerah (PAD) tahun 2021 secara virtual meeting, di ruang rapat, Senin (22/11/2021).

Rapat evaluasi tersebut, dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, juga diikuti secara virtual oleh Menteri Keuangan (Menkue) Sri Mulyani, gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia.

Mendagri Tito Karnavian mengatakan, dimasa situasi pandemi Covid-19, pihaknya memahami bahwa Pemerintah Daerah mengalami kontraksi pendapatan, sehingga tidak sesuai dengan harapan, atau mengalami penurunan realisasi pendapatan.

“Kalau kita melihat realisasi pendapatan, ini gabungan dari Pusat, transfer, maupun dari PAD, terjadi penurunan konsentrasinya. Karena tahun 2020 untuk pendapatan berada diatas 85,86 persen per 30 November 2020. Kemudian, data per tanggal 19 November 2021, pendapatan gabungan Provinsi dan Kabupaten/Kota sebesar 79,19 persen. Jadi, menurun secara persentase,” ungkap Mendagri.

BACA JUGA:  Pjs Bupati Way Kanan: Pesantren Entitas yang Rentan Persebaran Covid-19

Tito mengatakan, rapat digelar bertujuan untuk menyatukan langkah dan strategi percepatan Realisasi Penyerapan Anggaran Daerah tahun 2021, guna menstimulus pertumbuhan ekonomi di daerah dan memberikan gambaran hasil analisa dan evaluasi realisasi Penyerapan Anggaran Daerah tahun 2021 per 19 November 2021.

“Termasuk informasi, beberapa Pemerintah Daerah yang realisasi pendapatannya rendah atau dibawah rata-rata,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Ratusan Pelajar SMPN 3 Pringsewu Disuntik Vaksin Covid-19

Sementara itu, Wabup AM Syafi’i mengharapkan agar perangkat daerah dapat mengevaluasi kinerja terkait anggaran daerah.

“Semoga dengan penjelasan Kemendagri, dan Kemenkue kita bisa mengambil langkah-langkah dalam menghadapi tahun 2022,” ujarnya.

AM Syafi’i menambahkan, untuk mengantisipasi pandemi Covid-19, Pemkab Tanggamus bersama pihak lain melakukan upaya-upaya dalam pencegahan, terutama melakukan percepatan vaksinasi.

Dalam rapat evaluasi tersebut, sejumlah pejabat Tanggamus yang mendampingi Wabup AM Syafi’i yakni, Inspektur Ernalia, Sekretaris Inspektorat Gustam Apriyansah, Kabid Akutansi BPKD, Ria, dan perwakilan Bapelitbangda. (HL-Andi)