KIM Bagelen Kabupaten Pesawaran Diberikan Pembinaan

5
Kabid Pengelolaan Informasi Diskominfotik Lampung, Ahmad Lakoni saat menghadiri kegiatan KIM di Desa Bagelen, Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran, Selasa (23/11/2021). (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN-Diskominfotik Lampung Bersama Diskominfo Kabupaten Pesawaran, melakukan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Bagelen.

Kabid Pengelolaan Informasi Diskominfotik Lampung, Ahmad lakoni menjelaskan, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kesadaran masyarakat untuk memperoleh pengetahuan melalui penggunaan dan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi semakin tinggi.

“Jadi Diskominfotik Lampung, bersama Diskominfo Kabupaten Pesawaran melakukan pembinaan terhadap KIM di Desa Bagelen, Kecamatan Gedong Tataan,” ujar Lakoni mewakili Kepala Diskominfotik Lampung, Selasa (23/11/2021).

BACA JUGA:  Bupati Lamtim Buka Pelatihan Potensi SAR di Muara Gading Mas Labuhan Maringgai

Ia mengatakan, bahwa KIM adalah kelompok yang dibentuk oleh masyarakat.

“Jadi KIM, dari masyarakat dan untuk masyarakat, yang secara mandiri dan kreatif melalui melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan nilai tambah taraf kehidupannya,” tukasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa KIM merupakan ujung tombak dalam kehidupan bermasyarakat dalam menyaring dan menyebarluaskan informasi,

“Masyarakat diharapkan dapat memaksimalkan teknologi informasi dalam implementasinya,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabid Komunikasi, Informasi Publik Kabupaten Pesawaran, Apriya.

BACA JUGA:  Peduli, Ketua NasDem Tubaba Gandeng Camat dan Pengusaha Lapak Singkong Perbaiki Jalan Rusak

Menurutnya, KIM berperan sebagai media forum yaitu, kelompok masyarakat yang memiliki aktivitas mengikuti informasi dari berbagai sumber. Kemudian, mendiskusikan hasil monitoring, dan menyalurkan informasi kepada masyarakat.

“Setelah ada akses teknologi komunikasi dan informasi, maka KIM diarahkan untuk mendayagunakan teknologi komunikasi dan informasi tersebut,” jelas Apriya mewakili Kadiskominfo Pesawaran, Jayadi Yasa.

Untuk diketahui, pembinaan KIM yang dilaksanakan di Balai Desa Bagelen, Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran diikuti oleh 30 peserta.(HL-Yudhi)