BNN Kota Metro Ajak Aparat dan Masyarakat Berperan dalam P4GN

47
Kepala BNN Kota Metro,.Saut Siahaan (tengah, red) memaparkan munculnya narkotika jenis baru yang perlu diwaspadai. (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, METRO-Badan Narkotika Nasional (BNN) mengajak semua elemen termasuk aparat dan masyarakat berperan dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Bahkan,  kini  narkoba jenis baru hasil sintesis atau dikenal sebagai new psychoactive substances (NPS) yang kini jumlahnya mencapai 893 NPS di seluruh dunia dan 77 jenis di antaranya beredar di Indonesia.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Metro, Saut Siahaan mengatakan, perkembangan NPS menciptakan celah bagi kejahatan dikarenakan banyak narkoba baru yang belum diatur oleh hukum. “Saat ini ada 892 narkoba jenis baru di dunia dan sebanyak 77 NPS beredar di Indonesia, 73 terdaftar dalam Lampiran Permenkes Nomor 5 Tahun 2020, sementara ada 4 jenis NPS belum diatur di Permenkes,” kata Saut Siahaan, Rabu (24/11/2021).

BACA JUGA:  'Nyabu' di Way Kanan Lampung, Warga OKU Timur Sumsel Ditangkap

Ia meneruskan, narkoba termasuk pada bahaya laten, jika masyarakat tidak peduli akan bahaya narkoba, maka akan terjadi loss generation. Dalam artian, potensi hilangnya generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.

“Masyarakat perlu mewaspadai narkoba jenis baru yang telah masuk Indonesia. Perlu disikapi, dijaga, dan waspadai, karena apabila narkoba diperlakukan secara baik, diperlakukan secara adil dimana tempatnya, narkoba ada manfaatnya. Salah satunya Narkoba itu diolah menjadi obat-obatan. Obat-obatan seperti kita ketahui, bahwa obat-obatan tersebut diberikan kepada orang yang sakit,” ungkapnya. (HL-dwi)

BACA JUGA:  DPRD Minta Pemkab Lamsel Respon Surat Edaran Mendes PDTT