Pemkab Lampura Luncuran Digital Smart School

32
Bupati Lampung Utara, Budi Utomo saat menghadiri peringatan HUT PGRI ke-76, dan Hari Guru Nasional (HGN) 2021 serta peluncuran Digital Smart School (DSS), di GOR Sukung Kotabumi, Kamis (25/11/2021). (foto: Diskominfo)

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG UTARA-Peran dan fungsi Guru sebagai tenaga pendidik, merupakan sesuatu yang sangat penting. Hal itu mengingat maju mundurnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), tentu sangat ditentukan oleh peran Guru.

Hal itu dikatakan Bupati Lampung Utara (Lampura), Budi Utomo saat menghadiri peringatan HUT PGRI ke-76, dan Hari Guru Nasional (HGN) 2021 serta peluncuran Digital Smart School (DSS), di GOR Sukung Kotabumi, Kamis (25/11/2021).

Kegiatan tersebut, dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Mat Soleh, Ketua PGRI, Rohmadi, 23 Pengurus PGRI Kecamatan, Forkopimda dan sejumlah pejabat Kabupaten Lampura.

Bupati Budi mengatakan, selama hampir dua tahun, para guru terus berjuang untuk memberikan pendidikan di tengah semua tantangan pandemi Covid-19.

BACA JUGA:  Asisten I Wakili Bupati Loekman Terima Penghargaan Tjindarboemi dari PWI Lamteng

Menurutnya, para guru ditantang dapat memanfaatkan teknologi, membuat pembelajaran daring yang menarik bagi siswa melalui WhatsApp, Zoom, Google Classroom,  dan aplikasi daring lainnya.

Sementara, imbuh Budi, di daerah yang sulit akses internet, banyak guru yang menantang risiko dengan mengajar dari rumah ke rumah.

“Ini adalah wujud nyata, pengabdian para tenaga pendidik yang tidak lelah mengabdikan diri untuk bangsa dan negara. Disisi lain, pemerintah juga telah menghadirkan beragam paket kebijakan, diantaranya memberikan opsi bagi para guru untuk menerapkan kurikulum darurat, yang lebih ramping dan lebih sederhana,” jelasnya.

Kemudian, kata Bupati, pemerintah juga telah membagikan modul pembelajaran di masa khusus untuk membantu pembelajaran di daerah yang sulit akses internet, dan juga mengembangkan platform guru belajar dan berbagi, sehingga para guru dapat saling belajar dari rekan sejawatnya dalam mengembangkan pembelajaran.

BACA JUGA:  Peringati HUT Ke-12 Pemkab Tubaba Doa Bersama

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga memprioritaskan vaksinasi Covid-19 bagi pendidik dan tenaga kependidikan.

“Saat ini kita sudah dapat melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat demi keselamatan semua guru dan murid di sekolah,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam momentum HUT PGRI ke-76, dan HGN 2021 juga dilakukan peluncuran Digital Smart School, dan 1.000 video pembelajaran sekolah di Kabupaten Lampura.

Kemudian, diberikan bantuan kepada perwakilan sekolah digital dan beasiswa kepada para guru, siswa dan siswi berprestasi. (HL-bud/*)