Bupati Lambar: PMI Harus Berikan Kontribusi Nyata

49
Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus saat menghadiri pelantikan pengurus PMI Kecamatan, di Gedung Olahraga (GOR) Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu, Rabu (24/11/2021). (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT-Sebanyak 165 orang pengurus PMI Kecamatan se-Kabupaten Lampung Barat (Lambar), masa bakti 2021-2026 dilantik, di Gedung Olahraga (GOR) Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu, Rabu (24/11/2021).

Bupati Lambar, Parosil Mabsus secara langsung melakukan pelantikan, dan secara simbolis melakukan pemakaian rompi kepada pengurus PMI yang dilantik mengatakan, hal tersebut merupakan sebuah momentum yang sangat penting terutama untuk kemanusiaan.

“Tidak semua Kabupaten melakukan gerakan seperti ini, tetapi Kabupaten Lampung Barat sudah melakukan langkah yang begitu cepat dan strategis dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama di bidang kemanusiaan,” ungkap Parosil.

Ungkapnya, PMI terbentuk dan lahir tidak jauh dari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, sementara itu terbentuknya PMI pada tanggal 17 September 1945 di bawah pimpinan Mohammad Hatta.

BACA JUGA:  Hari Kesehatan Nasional Ke-56, UPT Puskesmas Air Hitam Lambar Bagikan 2.000 Masker

“Tugas PMI Memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat tanpa membedakan ras politik dan juga agama, dan kepada pengurus PMI Kecamatan yang telah dilantik, harapan saya akan memberikan kontribusi nyata memberikan pelayanan kemanusiaan, karena Kabupaten Lampung Barat mempunyai Program Kabupaten Tangguh Bencana,” tegas Parosil.

“Petugas PMI Kecamatan harus memiliki wawasan yang luas dan keterampilan di lapangan, segera berkoordinasi dengan Tagana, TNI dan Polri agar di berikan Materi wawasan dan cara bertindak di lapangan, sehingga PMI Kecamatan ini betul-betul tangguh di lapangan meskipun dalam situasi yang sangat sulit,” ujar Parosil.

Sementara, Ketua PMI Lambar, Edi Novial juga menyampaikan, Tugas PMI adalah Tugas Kemanusiaan, sebagai contoh, kegiatan donor darah, untuk masyarakat yang memerlukan darah dan apabila terjadi longsor dan banjir.

BACA JUGA:  Peduli, IDI Way Kanan Berikan Masker kepada Wartawan

“Kita selaku pengurus PMI Kecamatan harus siap dan tanggap dalam menanggulangi bencana tersebut dalam membantu masyarakat yang butuh pertolongan kita, tidak memandang suku, agama dan latar belakang keluarganya,” kata dia.

Ia juga mengimbau pengurus PMI Kecamatan yang telah dilantik agar tahun 2022 mendatang, berperan aktif melakukan Konsolidasi terhadap PMI Kabupaten, Tagana, Koramil dan Polsek, lakukan sinergi dan berkontribusi terhadap Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Dijelaskannya, jika pada situasi Covid-19, PMI Lambar telah melaksanakan Vaksinasi terhadap masyarakat sebanyak 8.000 dosis vaksin.

Pelantikan pengurus PMI Lambar tersebut, dihadiri Wakapolres Kompol Poeloeng Arsa Sidanu, anggota DPRD Bambang Dwi Saputra, Dandim 0422/Lambar diwakili Serma Marji, Kajari diwakili Kasi Datun, Yayan, kepala OPD, Camat, dan Pengurus PMI.(HL-Hendri)