Wagub Nunik Sampaikan Tiga Indikator Makro Pembangunan

45
Wakil Gubernur, Lampung, Chusnunia Chalim saat menghadiri rapat koordinasi (Rakor) Perencanaan Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (PPPM), di Ballroom Hotel Horison, Selasa (11/01/2022). (foto: Diskominfotik)

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG-Wakil Gubernur (Wagub) Lampung, Chusnunia Chalim menyatakan, ada tiga indikator makro pembangunan yaitu, kemiskinan, meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM), dan pembukaan lapangan kerja baru.

Hal itu disampaikan Nunik panggilan akrab Wagub Lampung, saat rapat koordinasi (Rakor) Perencanaan Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, di Ballroom Hotel Horison, Selasa (11/01/2022).

Menurut Nunik, sasaran makro pembangunann Provinsi Lampung adalah pertumbuhan ekonomi sebesar 5,6-5,9%, presentase kemiskinan sebesar 10,14-11,5%, tingkat pengangguran terbuka yakni sebesar 3,66%, dan indeks pembangunan manusia (IPM) sebesar 71,49%, serta pertumbuhan Rasio Gini sebesar 0,32-0,33%.

BACA JUGA:  Sambut MYLS 2021, Pemkot Gelar Pameran UMKM dan Ekonomi Kreatif

Dia menjelaskan, untuk mendukung pencapaian target indikator sasaran makro, terdapat beberapa program yang menjadi prioritas Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia yaitu, tujuan pembangunan berkelanjutan, penanggulangan kemiskinan, percepatan peningkatan kapasitas SDM, sinegritas dan sinkronasi pelaksanaan grand design pembangunan kependudukan, pangan dan gizi, percepatan penanggulangan stunting, pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM), dan peningkatan kesadaran Hak Asasi Manusia (HAM).

BACA JUGA:  Bupati Winarti Terima Kunjungan Pengurus PWI

“Saya memahami, dengan keterbatasan yang ada pada kita, termasuk kemampuan keuangan daerah, pengembangan sumber daya, kondisi sosial masyarakat, maka diperlukan adanya upaya, kerja keras dan komitmen bersama dalam percepatan pelaksanaan pembangunan di Lampung,” ujarnya.

Nunik menambahkan, proses pembangunan 2022, perlu dilaksanakan secara matang, mulai dari tahapan perencanaan, proses pelaksanaan dan monitoring evaluasi. (HL-Ayu/*)