Gubernur Arinal Resmikan SMK Pusat Keunggulan di Lampung Utara

53
Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi didampingi Bupati Lampung Utara, Budi Utomo melakukan penandatanganan prasasti peresmian Gedung Pusat Keunggulan Teknik Pemesinan, di SMK 3 Kotabumi, Kamis (20/01/2022). (foto: Diskominfo)

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG UTARA-Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi meresmikan SMK 3 Kotabumi yang masuk dalam program 31 SMK Pusat Keunggulan se-Lampung, Kamis (20/01/2022).

Kedatangan Gubernur Arinal bersama sejumlah pejabat Pemprov Lampung, disambut langsung oleh Bupati Lampung Utara (Lampura), Budi Utomo dengan mengalungkan selendang Tapis diiringi alat musik tradisional.

Gubernur Arinal mengatakan, pertimbangan dibangunnya SMK Pusat Keunggulan, karena kemajuan ilmu pengetahuan yang begitu pesat.

Ia mengatakan, pemerintah juga memberi bantuan fasilitasi kepada SMK-PK yakni, 29 SMK Negeri dan Swasta, dan 2 SMK Industri.

BACA JUGA:  Ratusan Pedagang Pasar Gunungbatu Tanggamus Ikuti Rapid Test

“Untuk Kabupaten Lampura, SMK-PK yang mendapatkan bantuan adalah SMKN 3 Kotabumi, dan SMKN 1 Abung Selatan,” tukasnya.

Arinal mengatakan, dalam 1 dekade terakhir, perkembangan teknologi digital telah berimplikasi pada perubahan dratis gaya hidup dan cara kerja.

“Ini merupakan, Revolusi Industri 4.0. Berbagai disrupsi ini, menciptakan budaya, kebiasaan dan bahasa baru serta cara kerja dan gaya hidup yang lebih efisien,” imbuhnya.

Menurut Arinal, ini merupakan gambaran tentang tantangan depan, dalam menyongsong era smart society 5.0, yakni, bagaimana menciptakan SDM Indonesia yang Technology Minded, dan mampu mentranslate serta menjawab tantangan dengan teknologi yang memudahkan.

BACA JUGA:  Ingat! ASN Lampung Dilarang Gunakan LPG 3 Kg Bersubsidi

Ia berharap, lulusan SMK dapat mendukung pengembangan hilirisasi pengolahan hasil pertanian, pengembangan pariwisata, pengembangan UMKM, pengembangan kegiatan jasa dan perdagangan.

Sementara itu, Bupati Lampura, Budi Utomo menyatakan, kedatangan Gubernur Arinal diharapkan menambah motivasi, jajaran Pemkab Lampura dalam menjalankan tugas pemerintahan dan pembangunan.

Ia mengatakan, Pemkab Lampura sangat mendukung program, dan kebijakan yang digulirkan Pemprov Lampung. Salah satunya, program pembangunan di bidang pendidikan yaitu, Smart School. (HL-bud)