PWI Pesawaran Kunjungi PTPN 7 Way Berulu

63
Pengurus PWI Pesawaran bersama Manajer PTPN VII Way Berulu. (foto: Yudhi)

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesawaran mengunjungi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 7 Unit Way Berulu, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran.

Kunjungan itu, dalam rangka menjalin komunikasi bersama jajaran managemen perusahaan perkebunan karet milik BUMN tersebut.

Manager PTPN 7 Unit Way Berulu, Sugeng Budi Prasongko menyebut pihaknya siap membangun sinergi bersama insan media di Kabupaten Pesawaran.

Sinergi itu, antara lain dalam bentuk koordinasi dalam setiap agenda dan program kerja yang melibatkan masyarakat di wilayah berjuluk Bumi Andan Jejama.

“Terimakasih atas kunjungan rekan-rekan pengurus PWI Kabupaten Pesawaran, dan kunjungan ini sebagai langkah yang baik guna membangun komunikasi bersama kami jajaran PTPN 7 Unit Way Berulu,” kata Sugeng saat menyambut rombongan PWI Pesawaran di komplek PTPN 7 Unit Way Berulu, Desa Kebagusan, Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten setempat, Sabtu (19/03/2022).

BACA JUGA:  Bain HAM Desak Dinas PUPR Tuba Usut Dugaan Pemalsuan Dokumen Proyek Tugu Simpang Penawar

Diketahui luas perkebunan yang dikelola PTPN 7 Unit Way Berulu itu mencapai 1.065 hektare lahan produktif, dengan luasan tersebut setidaknya telah menyerap sebanyak 298 pekerja yang mayoritas diambil dari warga desa penyangga perkebunan.

Sugeng juga memaparkan pertumbuhan produksi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, tercatat pada 2021 produksi karet rata-rata per hektar mencapai 2.400 kilogram. Selain itu, perkebunan plat merah itu juga masuk dalam sepuluh besar BUMN yang memberikan kontribusi besar dalam perekonomian di Indonesia.

“Keberhasilan PTPN 7 Wayberulu juga tak lepas dari dukungan stakeholder serta masyarakat di Pesawaran, dengan dua belas desa penyangga di sekitar areal perkebunan yang ada di dua kecamatan, Negeri Katon dan Gedong Tataan,” sebutnya.

Bahkan, selama pandemi PTPN 7 Unit Way Berulu tetap eksis untuk berproduksi, dengan dua pabrik pengolahan yang ada. Perkebunan itu menjalankan bisnis utama pengolahan karet khususnya produk olahan RSS (Rihbed Smoked Sheet) dan SIR (Standard Indonesia Rubber).

BACA JUGA:  Satresnarkoba Polres Tanggamus Tangkap Terduga Pengedar Sabu di Kota Agung Timur

Ketua PWI Kabupaten Pesawaran, M Ismail mengatakan kunjungan itu menjadi momentum yang tepat untuk menjalin komunikasi dan koordinasi terkait berbagai program khususnya yang berhubungan kemaslahatan masyarakat di wilayah setempat.

“Kita juga berkomitmen untuk mendukung program PTPN 7 Way Berulu yang bermanfaat bagi masyarakat, selain itu juga turut menjaga stabilitas serta mendukung perekonomian warga Pesawaran dengan penyerapan tenaga kerja di wilayah setempat,” katanya.

Ismail berharap, ke depan kehadiran perkebunan warisan Belanda itu dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan dan perekonomian masyarakat.

“Selain itu, sinergitas bersama perlu terus dilakukan utamanya dalam mendukung program pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan warga setempat,” tutupnya. (HL-Yudhi)