Pemkab Pesibar Harapkan Dukungan Pemprov Lampung

52
Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal. (foto: Diskominfo)

HEADLINELAMPUNG, PESISIR BARAT-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2022, di Aula Lamban Apung Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (22/03/2022).

Musrenbang tersebut, digelar guna penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Pesisir Barat tahun 2023.

Kali ini, Musrenbang dihadiri oleh Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal, Asisten I Bidang Kesra Pemprov Lampung, Qudrotul Ikhwan mewakili
Gubernur Arinal Djunaidi, Kepala OPD, anggota DPRD, Forkopimda, pelaku usaha, dan mitra pembangunan daerah kabupaten setempat.

Qudrotul mengatakan, kegiatan Musrenbang tersebut menjadi bukti bahwa Pemkab Pesibar, terus memberi ruang kepada pemangku kepentingan dalam rangkaian proses pembangunan, yang dimulai dari tahap perencanaan.

Ia juga mengingatkan, agar dalam penyusunan RKPD 2023 memperhatikan data-data makro dan kondisi sosial yang terjadi.

BACA JUGA:  Dodik Ridho Nurocmat : SPR Merupakan Hidayah Bagi Peternak di Lampung Tengah

“Sehingga dapat memformulasikan program yang tepat, dan memberikan daya ungkit yang kuat bagi pembangunan Kabupaten Pesibar, serta mampu menjadi penopang laju pembangunan bagi Lampung,” kata Qudrotul.

Sementara itu, Bupati Agus Istiqlal menjelaskan, bahwa untuk dapat menyatukan persepsi, pikiran, tekad, dan semangat untuk bersama-sama merencanakan arah pembangunan Pesibar tahun 2023, yang dapat bersinergi dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi hingga menjadi pedoman bagi pemerintah pekon.

Ia mengharapkan, tahun 2023 kondisi perekonomian telah kembali normal seutuhnya pasca pandemi Covid-19, yang sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat.

Pasalnya, kata Agus, RKPD Kabupaten Pesibar tahun 2023 diarahkan untuk melanjutkan pemulihan ekonomi, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta memantapkan infrastruktur daerah.

BACA JUGA:  Pemkab Tuba Ikuti Verifikasi lapangan Anugerah Parahita Ekapraya Secara Virtual

Dikatakannya, tahun 2023 program pembangunan Pesibar diarahkan untuk melanjutkan upaya pemulihan ekonomi daerah, dan kesehatan masyarakat serta meningkatkan kualitas kualitas SDM.

Kemudian, lanjutnya, prioritas pembangunan tahun 2023 juga masih terfokus pada peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial, pangan (pertanian dan perikanan), infrastruktur, pariwisata, dan UMKM.

“Pembangunan juga diarahkan, untuk penyelesaian beberapa proyek strategis daerah dalam menunjang pelayanan umum kepada masyarakat,” imbuhnya.

Dikatakan Agus, Pemkab Pesibar meminta dukungan dari Pemprov Lampung, untuk dapat memprioritaskan pendanaan dan pembangunan, serta bantuan fasilitasi dalam proses mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik, serta tugas pembantuan yang berlokasi di Pesibar sebagai kabupaten termuda di Lampung.

“Kami merasa, sudah selayaknya mendapatkan perhatian lebih dari Pemprov Lampung,” tandasnya. (HL-BW/*)