Bupati Umar Ahmad: Festival Seni dan Budaya Menjadi Salah Satu Jalan Terbentuknya Karakter Masyarakat yang Layak di Tubaba

57

HEADLINELAMPUNG, TUBABA-Pagelaran Kesenian Budaya Tiyuh/Desa se-Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) atau yang disebut dengan Purnama Tiyuh-tiyuh telah resmi dibuka, Sabtu (26/03/2022) di Sesat Agung Komplek Islamik Center kabupaten setempat.

Dengan mengusung tema “Angklung ke Lampung”, Bupati Tubaba, Umar Ahmad menyampaikan rasa bersyukur, karena pada Maret tahun 2022 festival tiyuh-tiyuh khususnya Purnama di Tugu Rato ada kolabolator yang ingin mengkolaborasikan seni budaya angklung dengan beberapa seni budaya yang ada di Kabupaten Tubaba.

“Mudah-mudahan, dengan kolaborasi ini menambah temannya Tulangbawang Barat untuk menuju Tubaba pulang ke masa depan itu dengan jalan yang seperti ini,” ujar Bupati Umar.

BACA JUGA:  Camat TBT Tubaba Kukuhkan Karang Taruna Berkaya

Ia mengatakan, bahwa pihaknya telah memberi dukungan penuh pada pagelaran acara tersebut.

“Kita sebenarnya, sudah memfasilitasi tempat dan orang-orang yang bekerja untuk acara itu. Namun, tahun ini memang masih dalam suasana pandemi, APBD juga sangat minim sehingga dengan hadirnya kolabolatir itu juga sangat membantu proses penyelenggaran kegiatan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Umar, mengatakan bahwa dengan pengembangan budaya dan kegiatan-kegiatan seperti ini, pemerintah memfokuskan pada pembentukan karakter.

“Dengan kegiatan seperti ini, yang dilakukan oleh anak-anak muda sini. jika melihat awalnya, mereka sama sekali malas dalam berkegiatan. Namun, sekarang anak-anak muda di Tubaba sudah luar biasa, berani, punya ide, kreatifitas, dan menggerakkan kegiatannya sendiri. Ini, pencapaian yang luar biasa. Itu sebenarnya, yang ingin dicapai di semua festival di Kabupaten Tubaba,” tuturnya.

BACA JUGA:  Bupati Lampung Barat Serahkan Ratusan Seragam Sekolah Gratis

Umar Ahmad juga berharap, dengan gelaran seni dan budaya bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi masyarakat Kabupaten Tubaba.

“Semoga festival ini, menjadi jalan terbentuknya karakter masyarakat yang layak di Tubaba. Dan, berharap kegiatan ini bisa diikuti terus menerus oleh masyarakat untuk membentuk karakter yang diharapkan,” tandasnya. (ADV)