Diduga Cabuli Anak di Bawah Umur, Pemuda Usia 19 Tahun Ditangkap Polisi

80
Petugas Satreskrim Polres Tanggamus, mengamankan seorang pemuda berinisial DA (19) yang diduga melakukan pencabulan terhadap anak di bawah umur. (foto: humas polres)

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS-Satreskrim Polres Tanggamus mengamankan seorang pemuda berinisial DA (19), karena diduga melakukan pencabulan terhadap anak di bawah umur.

Kasat Reskrim Polres Tanggamus, Iptu Hendra Safuan mengungkapkan, tersangka DA diamankan atas laporan SU orang tua korban berinisial JS (17), warga Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus pada 7 Februari 2022 lalu.

“Tersangka DA ditangkap petugas, di rumahnya yang beralamat di Kecamatan Talang Padang, Rabu (13/04/2022) malam,” ujar Iptu Hendra Safuan mewakili Kapolres Tanggamus, AKBP Satya Widhy Widharyadi SIK, Kamis (14/04/2022).

Ia mengatakan, dalam penangkapan tersebut turut diamankan satu helai celana panjang, sweter dan hasil visum et repertum, nomor : 002/SAM/III/202/VISUM, tanggal 8 Maret 2022.

BACA JUGA:  Wabup Lamtim Buka Musrenbang di Kecamatan Braja Selebah

Iptu Hendra menjelaskan, kronologis kejadian dugaan pencabulan yang dilakukan tersangka DA kepada korban JS pada April 2021 lalu, di Pekon Sidomulyo Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus.

“Kejadian dugaan pencabulan itu, diketahui SU orang tua korban, setelah dihubungi oleh JS yang mengaku
disetubuhi tersangka DA,” imbuhnya.

Kemudian, lanjut Kasat, setelah mendapat kabar dugaan pencabulan itu, SU langsung menanyakan kepada korban JS, siapa pelakunya. Dan, dijawab pelakunya adalah tersangka DA.

“Pelapor mendatangi rumah DA, untuk meminta pertanggung jawaban. Namun, tersangka DA menyangkal. Kemudian, SU melaporkan kejadian tersebut ke Polres Tanggamus pada 7 Februari 2022,” jelasnya.

BACA JUGA:  Tekab 308 Presisi Polsek Seputih Surabaya, Amankan Seorang Warga yang Nekat Berbisnis Gading Gajah

Iptu Hendra mengungkapkan, berdasarkan keterangan tersangka DA, perbuatan dugaan pencabulan itu telah dilakukannya sebanyak 3 kali.

“Pengakuan tersangka, sudah 3 kali, 2 kali di rumah korban dan 1 kali di rumah tersangka,” tukasnya.

Ditambahkan Iptu Hendra, saat ini tersangka DA, dan barang bukti diamankan di Mapolres Tanggamus untuk proses penyidikan.

“Tersangka DA, akan dijerat Pasal 76D dan atau 76E UU No: 35/2014, tentang perubahan atas UU No: 23/2002, tentang Perlindungan Anak dengan ancaman penjara maksimal 15 tahun,” tandasnya. (HL-Bud/Andi/*)